pengambilan bibit dan penanaman terumbu karang Tandu, foto : Israil Yanas
pengambilan bibit dan penanaman terumbu karang Tandu, foto : Israil Yanas

Lasusua, Koran Sultra – Pemerintah Kolaka Utara melalui Dinas Perikanan melakukan penanaman 2.000 bibit Trumbu Karang berbentuk Taman di pesisir Pasir Putih Pasitoddo Desa Pitulua Kecamatan Lasusua.

Kabid Kelautan, pesisir dan pulau-pulau kecil (KP3K) Yacobus Simule SP ynang ditemui dikantornya Selasa (31/5) menjelaskan, penanaman terumbu karang ini, yang ke 3 kalinya dilaksanakan, yang pertama di Desa Pitulua Kecamatan Lasusua, Desa Tobaku Kecamatan Katoi dan Desa Bahari Kecamatan Tolala sebanyak 33.333 ribu dan berhasil meraih Rekor Muri tahun 2015,

“bibit trumbu Karang 33.333 ribu dibagi setiap desa sebanyak 11.111 ribu yang kedua 2.000 ribu dipasitawe Desa Pitulua Kecamatan Lasusua tahun 2015 dan penanaman trumbu karang tahun 2016 sebanyak 2.000 di lokasi pasir putih Desa Pitulua dengan anggaran ABPD Rp. 180 juta,” katanya

Kata dia, penanaman kali ini menggunakan wadah berbentuk Pot dan setiap Potnya akan ditanami 3-4 bibit dikedalaman 4-5 meter. Wadah tersebut akan dibentuk menyerupai “Taman Karang Laut”. Untuk pengambilan Bibitnya tidak terlalu sulit karena dikedalaman 9 meter dilokasi itu ada banyak Trumbu Karang jenis karang Tandu yang bisa diambil untuk dibibitkan. Katanya.

“Yang jelas beberapa tahun Kemudian Trumbu karang akan terbentuk dan indah sehingga menarik para wisatawan bisa melakukan selam permukaan (Snorkling),” katanya.

Kontributor : Israil Yanas

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY