Warga miskin plus terdampak situasi pandemi Covid-19 di Desa Boneatiro, Kabupaten Buton, Sultra.

Baubau, Koransultra.com – Puluhan warga miskin dan terdampak Covid-19 yang tinggal di Desa Boneatiro Kecamatan Kapuntori Kabupaten Buton, menjerit sedih setelah mengetahui namanya tidak terdaftar sebagai penerima bantuan.

Beberapa dari warga kurang mampu ini diketahui memiliki KTP dan juga Kartu Keluarga (KK), dan ada juga sebagian dari warga ini yang punya keterbelakangan mental, diantaranya nama inisial NG, S, dan E.

Sementara macam bantuan yang dimaksud sesuai Kebijakan Pemerintah atas dampak Covid-19, antara lain Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Sebelumnya (18/05), sejumlah Pemuda Desa Boneatiro yang tergabung dalam komunitas De Jong Bonter Communty yang dipimpin Jasmin, sudah mengkonfirmasi ke Pemdes supaya ada kebijakan, tapi sayang hasilnya nihil. Pasalnya, data penerima sudah dikirim ke Pusat, sehingga kemungkinan tidak ada kebijakan bagi warga yang belum terdaftar, kata Jasmin kutip ucapan Pemdes.

Komunitas ini mengecam jajaran Pemdes karena dinilai kurang objektifnya argumentasi serta tindakan yang dilakukannya. Bahkan proses pendataan warga dianggap tidak komprehensif.

“Bagaimana warga miskin itu mau dapat bantuan, mereka saja sudah tidak di data, jangan-jangan Pemdes sama sekali tidak punya data warga kurang mampu,” Ungkapnya disertai kesal. Kamis (21/05).

Sejalan dengan Jasmin, Sekretaris Komunitas Kurniawan SE, ikut kesal. Kata dia, dirinya sangat menyayangkan sikap Pemdes Boneatiro, seakan lepas tangan terhadap warga yang jelas-jelas tidak mampu dan terdampak covid-19.

Kurniawan juga menganggap jajaran Pemdes tidak komprehensif, atau tidak melakukan pendataan yang merata (lalai,red).

Berdasarkan rilis De Jong Bonter Community kepada Media Koransultra.com, meminta agar Pemdes Boneatiro mau mempertimbangkan kebijakannya.

Sesuai data dan iformasi yang terangkum dalam Media ini, saat ini daftar calon penerima bantuan dampak pandemi Covid-19 Desa Boneatiro sebanyak 377 Kepala Keluarga (KK), terbagi diantaranya 75 KK penerima BST dan 297 penerima BLT.

Seluruh bantuan tersebut, kabarnya akan dikucurkan pada Jum’at 22 Mei 2020.

Kontributor : Atul Wolio

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here