Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani (kedua dari kiri) bersama ketua panitia qurban Mubar H. Muh. Ali Talib ( kedua dari kanan) saat akan melakukan penyembelihan hewan qurban.

Laworo, Koransultra.com – Ibadah kurban menjadi satu di antara amalan yang sangat dianjurkan saat Idul Adha tiba. Namun Idul Adha kali ini harus digelar sedikit berbeda karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Di tengah pandemi yang belum berakhir ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar penyembelihan qurban sebanyak 265 ekor sapi dan 25 ekor kambing.

Ketua panitia qurban Mubar, H. Muh. Ali Talib mengatakan, jumlah qurban di tahun ini justru bertambah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah walaupun di tengah pandemi, jumlah hewan qurban tahun ini bertambah dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu. Ini menandakan bahwa kita semua semakin taat pada syariat Islam”, ungkapnya. Jumat 31/07/2020).

Lanjut H. Muh. Ali Talib, penyembelihan hewan qurban simbolis dilakukan di Rumah Jabatan Bupati Mubar, La Ode M. Rajiun Tumada tentunya sesuai protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Penyembelihan hewan qurban secara simbolis kami lakukan di Rumah Jabatan Bupati Mubar dengan menjalankan protokol kesehatan yakni pada saat pembagian pada masyarakat di kawal langsung dari sat. Pol PP guna menghindari kerumunan”, terang H. Muh. Ali Talib.

Ia juga mengatakan bahwa keseluruhan hewan qurban bisa dipastikan dalam kondisi sehat dan layak dijadikan qurban.

“Sebelum digelar penyembelihan, terlebih dahulu tim dari pihak yang berwenang memeriksa kesehatan pada hewan-hewan qurban dan Alhamdulillah dalam kondisi sehat dan layak diqurbankan”, ujarnya.

Ketua Mubaliq Mubar ini juga berharap semoga masyarakat yang menerima daging qurban dapat mensyukuri nikmatnya idul qurban tahun ini”,

“Dan semoga di Idul Adha tahun-tahun kedepan semangat berqurban juga semoga semakin meningkat”, tutupnya.

Kontributor: Dedi

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here