Unaaha, Koran Sultra – Bupati Kabupaten Konawe Kery Saiful Konggoasa menyerahkan langsung buku tabungan kepada penerima bantuan program stimulan perumahan swadaya tahun 2017 diaula ponggawa,selasa (25/07).

Ditahun 2017 ini sebanyak 354 unit rumah yang dapat bantuan tersebut dengan kegiatan peningkatan kualitas diantaranya kualitas sedang sebanyak 122 unit,kualitas ringan 4 unit dan kualitas berat sebanyak 228 unit.

Hadir dalam penyerahan tersebut Kajari unaaha,kapolres konawe,kepala Bapeda Konawe,kepala dinas PU,tim BSPS Kabupaten Konawe hadir pula dari provensi diantaranya pejabat pembuat komitmen rumah swadaya provensi sultra,Baso Amrin Natsir.ST,serta direktur utama bank Sultra.

Dalam sambutannya bupati mengatakan bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan pertanggung jawaban pemerintah dalam penyelenggaraan perumahan dan pengawasan lingkungan yang diatur dalam undang-undang nomor I tahun 2011.

“Data kekurangan rumah (backlog) perumahan mencapai kurang lebih 13,6 juta rumah,termasuk didalamnya 30 % rumah rusak berat sedangkan rumah tidak layak huni sebanyak 7,6 juta yang dihuni dan bangun sendiri oleh masyarakat miskin sendiri yang MBA dibangun diatas tanah sendiri atau tanah orang lain.”ungkapnya.

Lanjut bupati kery pemerintah harus lebih mengutamakan program swadaya dalam program pembangunan dan kawasan pemukiman diindonesia.

Menurutnya program rumah swadaya ini mampu mengatasi pencegahan tindak korupsi apalagi dalam situasi keterbatasan anggaran APBD serta APBN maupun dalam rangka penghematan APBN.

“Untuk itu kami selaku pemerintah konawe tidak henti-hentinya melakukan upaya pelaksanaan undang-undang nomor I tahun 2011 tersebut dengan mengusulkan kepemerintah pusat,pemerintah provensi bahkan dana APBD II untuk mengentaskan rumah tidak layak huni dibumi konawe.”pungkasnya.

Adapun desa yang mendapatkan program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) kabupaten Konawe tahun 2017 yakni desa mokowu,desa tawanga,desa Asinowowo,desa Bungguosu serta desa Konawe dengan jumlah bantuan BSPS atau yang biasa disebut program bedah rumah yang diterima kabupaten Konawe senilai 4 milyar 647 juta yang diperuntukan sebanyak 354 unit rumah.

Kontributor : Nasruddin
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY