Bupati Muna, LM. Rusman Emba, ST
Bupati Muna, LM. Rusman Emba, ST

Raha, Koran Sultra – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna mulai memberlakukan lima (5) kerja diseluruh jajaran ASN.
Hal ini mulai berlaku sejak Senin tanggal 16 Januari., sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 01 Tahun 2017.

Sebelumnya, untuk di Kabupaten Muna berlaku prigram enam hari kerja, dengan adanya Peraturan yang dikeluarkan oleh Bupati Muna LM. Rusman Emba. St, mutlak membatalkan program enam hari kerja. Dengan begitu jam kerja bertambah beberapa jam dari waktu sebelumnya. Jadwal aktifitas pegawai ASN dibatasi sampai hari jum’at.

Bupati Muna melalui kabag Humasnya Amiruddin Ako, Spd. Msi, mengatakan sabtu dan minggu diputuskan tak berkantor atau libur kerja.

” Bahwa ini adalah putusan Bupati Muna yang telah diperintahkan beberapa waktu lalu. Perihal tekhnis pelaksanaannya akan disampaikan kepada SKPD, kecamatan dan kelurahan melakui surat edaran.” jelasnya kemarin.

Namun secara resmi peraturan ini sudah mutlak dilaksanakan. Lebih rinci jadwal aktifitas lima hari kerja akan dijelaskan dalan surat edaran.

Jumlah waktu efektif digunakan 37,5 jam. Untuk jadwal hari senin hingga kamis ditetapkan jam masuk pada pukul 07.30 hingga 16.00. Waktu istirahat tersisip pada pukul 12.00 sampai 13.00. Terkhusus pada Jum’at, harinya punya jadwal tersendiri.

” Waktu masuk kantor tak mengalami perubahan yakni pukul 07.30 namum saat jadwal pulang bertambah hingga jam 16.30. Hal dikarenakan waktu istirahat yang cukup besar porsinya yakni 11.30 sampai 13.00. Lima hari kerja ini besar kemungkinan tidak berlaku bagi pegawai ASN yang bekerja disektor pelayanan publik seperti RSUD dan puskesmas.”ujarnya

Lanjut Amir, Lembaga kesehatan ini masih menganut enam hari kerja. Begitupula dengan dengan istansi yang bergerak disektor pendidikan. Jam kerjanya hampir tak jauh beda dengan sistem kerja enam hari. Perihal kostum seragam yang ditentukan tak ada perubahan yang mendasar.

“Senin dan selasa pakaian dinas keki, selasa menggunaka dres atasan putih dan bawahan hitam. Sementara kamis dan jum’at busana tenunan yang dikenakan.”jelasnya

Kontributor : Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY