Lasusua, Koran Sultra – Proses percetakan kertas surat suara untuk area pemilihan bupati dan wakil bupati (wabup) Kolaka Utara (Kolut) sudah tuntas. Media pencoblosan tersebut telah tiba sejak Selasa pekan lalu yang saat ini diamankan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Puluhan ribu surat suara itu tepatnya diamankan di ruangan Ketua KPU, Asriadi Budiwan dan mendapat pengamanan oleh empat aparat yang terdiri masing-masing dua anggota brimob dan polres untuk berjaga-jaga. Belum dilakukan pengecekan atau penghitungan dan diperkirakan nanti dilakukan dalam pekan ini.
Sekretaris KPU Kolut, M. Haris, Senin (23/1) mengutarakan, dari 97.505 surat suara tersebut merupakan gabungan dari 93.026 DPT yang ditambah 25 persen yang berbasis di TPS-TPS serta 2000 surat suara cadangan. Hal itu juga sudah termasuk bagi para penyandang disabilitas yang akan disiapkan pada setiap TPS. “TPS kita ada 340. Jadi untuk penyandang disabilitas disiapkan 1 pada setiap TPS,” ujarnya.

Untuk logistic ini menurutnya tidak ada lagi kendala dan tinggal kesiapan dari masyarakat itu sendiri untuk mendatangi TPS masing-masing pada 15 Februari mendatang untuk memilih jagoannya. Diperkirakan, penyaluran kertas surat suara itu sendiri nanti akan dilakukan mulai tanggal 11 bulan depan dari KPU ke kecamatan-kecamatan dan akan diteruskan ke TPS-TPS yang ada. “Penyalurannya sekaligus,” tutupnya.

Sementara itu pada waktu yang sama, dari kubu Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kolut juga baru melakukan pelantikan terhadap 314 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Gedung Juang Patampanua, Lasusua. Usai dilantik, mereka diberi pelatihan dan pembekalan saat melakukan tugasnya di setiap TPS.

Ketua Panwaslu Kolut, Ajmal Arif meminta agar petugas PTPS fokus pada tugasnya saat dilapangan dan tidak sekali-kali berlaku tidak netral. Keberadaan mereka bagi Ajmal sebagai ujung tmbak kesuksesan pemilu yang akan digelar mendatang. “Penempatan mereka terbanyak ada di Lasusua dan Ngapa karena memiliki jumlah pemilih dan TPS terbanyak,” pungkasnya.

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY