Pemeriksaan tahanan oleh Bripka Arif

Lasusua, Koran Sultra – Personil Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Resort Polres Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pengamanan melekat dengan melakukan pengecekan ruang tahanan (sel), memperketat pemeriksaan makanan maupun barang bawaan lainnya dari pembesuk dan mengontrol kesehatan tahanan setiap hari Selasa dan Kamis.

Kanit SPKT Polres Kolaka Utara Bripka Arif Avandi bersama piket Tahanan Brigadir Taqwa yang di temui Senin (06/11) mengatakan, Pengecekan tahanan dilakukan setiap hari, dimulai mengontrol Kesehatannya maupun makanan yang dibawah keluarga tahanan.

” Hari dan jam besuk tahanan setiap hari Selasa dan Kamis mulai pukul 08.00 wita – pukul 14.00 wita,” ujar Bripka Arif

Pemeriksaan yang paling utama yakni pemeriksaan ruangan tahanan mulai pintu terali besi masuk apakah ada yang lepas lasnya atau terali besi pembuangan agin.ini dilakukan untuk menghindari hal-halal yang tidak diinginkan, seperti tahanan melarikan diri melaui lubang pembuangan angin, gantung diri, membawa barang yang dilarang dan sebagainya. Ungkap Kanit SPKT Polres Kolut, Arif dengan pangkat empat bengkok kuning dipundaknya.

“Piket Jaga wajib untuk mengontrol tahanan setiap jam dicek keadaannya, baik kesehatan maupun keadaan ruangan sel itu sendiri Baik menerima jaga maupun serah terima jaga,” ujarnya.

Kapolres Kolut AKBP Bambang Satriawan mengatakan, pemeriksaan tahanan adalah kewajiban regu jaga tahanan untuk menghindari tahanan melarikan diri, gantung diri. dan pasokan Narkoba dari keluarga tahanan.

“Semua barang bawaan keluarga Tahanan diperiksa secara ketat karena jangan sampai ada keluarga korban membawa barang yang bisa mengakibatkan kematian tahanan dan yang paling utama kesehatan Tahanan sebelum diserahkan Ke kejaksaan untuk diproses hukum selanjutnya,” ungkapnya

Personil yang melaksanakan tugas piket, baik piket siang maupun malam untuk kontrol tahanan secara rutin minimal setiap jam dan melakukan pemeriksaan dalam sel jangan sampai pintu pagar besi atau lubang anginnya mulaimgoyang atau lasnya terbuka. ungkap Kapolres Kolaka Utara AKBP Bambang Satriawan, SH,SIK,MH.
Ruang tahanan terbagi dua, ruang tahanan laki- laki dan perempuan, untuk Tahanan sampai saat ini berjumlah 13 orang terdiri, 8 orang tahanan Reskrim, 2 tahanan Narkoba dan 3 tahanan Polsek Lasusua.
semuamtahanan masih dalam keadaan sehat wallafiat dan  jumlahnya masih lengkap, serta kondisi ruang tahanan masih baik. ungkapnya.

KONTRIBUTOR : ISRAIL YANAS

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY