Kebakaran Lahan Gambut di Kolaka Utara, foto : Israil Yanas
Kebakaran Lahan Gambut di Kolaka Utara, foto : Israil Yanas

Lasusua, Koran Sultra – Kebakaran lahan gambut terus di Kolaka Utara, salah satunya di Desa Totallanag Kecamatan Lasusua kabupaten Kolaka Utara Sulawesi Tenggara. Bahkan diduga lahan gambut sengaja dibakar, Sentral telpon otomatis (STO) telkomsel pun nyaris terbakar. Dua unit pemadam kebakaran diterjunkan untuk padam api. Sabtu (10/09).

Akmal (20) warga Lasusua menceritakan, Kebakaran ini terjadi pukul 07.00 wita pagi, api membesar dan tidak bisa dikuasai karena banyak daun kering dan angin kencang, sehingga membakar lahan tanaman merica milik Lapili PNS di Pemda Kolut.

“ Saya hanya diperintahkan Lapili untuk menancap kayu untuk penanaman merica” katanya.

Seandainya tumpukan kayu terbakar ada kemungkinan STO Telkomsel ikut terbakar, untung personil damkar cepat datang.

Pantauan Koran Sultra, lokasi STO Telkomsel berjarak 20 meter dari titik api, sementara STO Telkomsel dipenuhi Solar dalam tangki sebanyak 5.000 liter. Dari titik api juga berdiri tower indosat berjarak dari titik apai sekitar 300 meter.

Dipinggir jalan transsulawesi depan Tower Indosat terlihat Baleho Himbauan dari Bhabinkamtibmas Totallang Polres Kolut untuk tidak membakaran hutan dan lahan, untuk pelaku membakar hutan dan lahan bisa di penjara. Termaksud Himbauan dari Dinas Perhubungan melarang warga menbuka lahan perkebunan di Area Hutan Lindung.

Terlihat dilokasi kebakaran lahan gambut personil Intelkam dan anggota Polsek Lasusua mendata kejadian kebakaran lahan gambut yang diduga sengaja dibakar.

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY