Unaaha, Koran Sultra – Puluhan Hektar Sawah di Kelurahan Unaaha, Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe Propinsi Sulawesi Tenggara terancam gagal panen alias puso.

Saat berbincang – bincang dengan koransultra.com, Petani di daerah ini menuturkan jika kondisi sawah yang mereka garap sangat memprihatinkan.

“ sawah dibelakang sudah rata –rata tondu (tenggelam.red), sampai – sampai kemarin ada petani yang panen padinya beli o bangga (perahu.red) untuk angkut hasil panennya” ujar sul salah satu Petani didaerah ini yang juga diaminkan oleh teman – teman petani lainnya saat berbicang – bincang dengan koransultra.

Menurut Petani ini, sekitar 70 persen hasil panen di daerah ini terancam puso “ kalau kami liat kondisinya sekitar 70 persen hasil panen tahun ini gagal” kata sul.

Meski begitu belum ada terlihat Pemerintah setempat turun tangan atas insiden ini, “ belum pernah ada yang turun dari Kabupaten untuk liat – liat bagaimana kondisi areal Persawahan kami yang terendam banjir” ujar petani lainnya.

Bahkan menurut warga kejadian banjir serupa pernah terjadi beberapa tahun lalu saat awal Bupati Konawe Kery memimpin dan saat itu Bupati langsung meninjau Lokasi banjir, “ Banjir yang lalu saja Pak kery datang liat langsung Lokasi Banjir dan sempat menjanji masyarakat, tapi sampai hari ini tidak ada juga realisasinya, hanya janji saja” ujar warga ini dengan nada kecewa pada Koran Sultra.

Editor: RED****
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY