Kolaka, Koran Sultra – Sebagai bentuk menumbuhkan karakter islami peserta didik, SDN 1 Watuliandu Kab.kolaka melakukan kegiatan pesantren kilat di bulan suci Ramadhan, kegiatan tersebut di gelar selama 4 ( empat ) hari sejak hari Rabu ( 7 s/d 11 ) yang di ikuti puluhan Murid, mulai dari kelas 3 hingga kelas 6, serta semua guru- guru yang ada.

Tujuan diadakannya pesantren kilat di sekolah saat memasuki hari libur di bulan puasa, agar siswa-siswi dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar. Pesantren kilat di sekolah juga akan diisi materi-materi mengenai keagamaan dan cara berpuasa yang baik. Demikian yang dikatakan Kepala sekolah SDN 1 Watuliandu H.Norma

“Kita adakan pesantren kilat ini adalah bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada anak-anak di sekolah yaitu meliputi kegiatan keagamaan agar mereka dapat beribadah dengan baik dan benar, serta melakukan anjansana kepanti asuhan yang ada di desa watallara dan di kelurahan tahoa, dengan tujuan agar murid dapat mengetahui rasa syukur seperti apa itu panti asuhan” ungkapnya.

H.norma menjelaskan selain membimbing anak didiknya, kegiatan pesanten kilat juga dapat melatih jiwa kemandirian peserta didik. Para siswa dilatih untuk belajar bertanggung jawab terhadap diri pribadi. Mengatur kegiatannya sendiri tanpa bantuan dari orang tua yang selama ini menemaninya.

Memperlancar ukhuwah antar peserta didik. Keakraban yang terbentuk selama pesantren kilat ini diharapkan bisa menjalin tali silahturahmi serta ukhuwah yang dibingkai dalam keluarga besar SDN 1 Watuliandu kolaka, baik dengan teman sejawat, para ustadz, ustadzah maupun dengan warga sekitar.

Dirinya menjelaskan jika anggaran yang digunakan di kegitan tersebut berasal dari sekolah, serta bantuan orang tua murid, dan atas petunjuk dan dukungan Kadis Pendidikan Dan kebudayaan kolaka serta kerja sama ketua komite, guru – guru dan juga orang tua murid, kegiatan pesantren kilat dapat terlaksana dengan baik, kata H. Norma di acara penutupan kegiatan minggu (11/6), sambil buka puasa bersama guru – guru dan anak didiknya.

“Saya berharap setelah mengikuti pasantren kilat yang kita gelar di halaman sekolah ini, siswa dapat mendatkan ilmu tambahan agama sehingga siswa dapat meningkatkan kadar keimanannya dan bertaqwa kepada Allah SWT”tutup H.norma

Kontributor : A.Hendra
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY