Besok Saksikan Festival Barata Kaledupa di Wakatobi

0
36 views


Wakatobi, Koran Sultra – Tanggal 15 sampai 18 September 2017, Pemda Wakatobi melalui Dinas Pariwisata menggelar Festival Barata Kahedupa dengan tema Henauka Moane Henauka Wowine.

Kepala Dinas Pariwisata, Nadar saat ditemui Rabu 13 September 2017 mengatakan, Festival Barata Kahedupa ini merupakan event ke dua kalinya, yang merupakan shine on 2017 di kalender priwisata Wakatobi.

Kegiatan ini digelar selama empat hari di pulau Kaledupa, dengan beragam kegiatan tradisi budaya lokal yang ditampilkan, yakni tarian tradisional, pameran kuliner, pameran kerajinan khas lokal, pencak silat, ritual adat, dan berbagai lomba lainnya.

Ia mengatakan, kegiatan Festival ini sebagai bentuk promosi daerah dengan mengembangkan kearifan lokal serta tradisi budaya Wakatobi, kami harapkan semangat masyarakat serta partisipasi dari stakholder untuk bersama menampilkan budaya dalam hal menarik minat para wisatawan, baik nasional maupun skala dunia.

“Untuk target kunjungan kita akan lihat nanti di hari pelaksanannya,” katanya

Kalau tahun lalu sebanyak 22.000, untuk tahun ini ditargetkan bisa mencapai 30.000 orang, untuk saat ini diharapkan bisa memiliki ciri khas budaya di masing-masing pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.
Untuk pulau Kaledupa memiliki ciri khas sendiri, yakni Kari’a, yang merupakan tampilan prosesi adat yang cukup panjang atau ritual lebih dari satu hari.

Kontributor : Surfianto SH
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY