Lasusua, Koran Sultra – Untuk mendisiplinkan para peminat baca yang meminjam buku bacaan di Kantor desa, Bhabinkamtibmas Brigadir Muhammad Rajab yang bertugas di Desa Lambuno melakukan pengecekan dua kali dalam seminggu daftar pinjaman buku yang sudah melewati perjanjian pinjam pakai yang disediakan diperpustakaan Kantor Desa Lambuno, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Brigadir Muhammad Rajab menjelaskan, Kedisiplinan harus diterapkan kesemua warga, baik itu peminjaman Buku bacaan, Gotong Royong, Ronda Malam ataupun disiplin hadir diKantor Desa saat ada rapat.

“Warga Desa Lambuno Antusias dalam hal membaca, hanya saja buku bacaan yang disediakan oleh Perpustakaan Desa Masih kurang sementara peminjamnya cukup banyak,” ungkapnya.

Banyaknya peminjaman buku, Lanjut Rajab, terkadang peminjam lupa mengembalikan buku pinjaman yang sudah melewati perjanjiannya, untuk menertibkan kedisiplinan pinjam pakai buku, saya berinisiatif untuk mengontrol dan mengingatkan warga untuk mengembalikan buku bacaan yang dipinjamnya sesuai perjanjian pengembaliannya. ungkapnya.

“terkadang warga yang meminjam buku lupa dikembalikan sehingga saya kerumahnya untuk memberitahukan bahwa waktu peminjaman buku perpustakaan desa sudah berakhir dan harus dikembalikan agar warga lain bisa meminjam kebagian membaca maupun meminjamnya,” ungkapnya.

Kata bertaut kata, Buku adalah jendela dunia, dengan adanya Perpustakaan didesa Lambuno warga bisa mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan tentang dunia luar seperti, ilmu Pertanian, Peternakan dan ilmu teknologi daya guna lainnya. Membaca buku juga berguna mempertajam daya ingat manusia dan menambah perbendaharaan kata yang bijak dan santun.

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY