Lasusua, Koran Sultra – Inilah aksi heroik yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Ngapa, Bripka Muhammad Ali Akbar membantu warga menyebrang sungai Watumotaha yang berarus deras. Jembatan selebar 12 meter putus akibat hantaman arus banjir didesa Watumotaha Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) sepekan yang lalu.

Bhabinkamtibmas Bripka Muh, Ali Akbar melalui HP nya menjelaskan, Jembatan Sungai Watumotaha selebar 12 meter menghubungkan Antara Dusun II dan Dusun III Desa Watumotaha Kecamatan Ngapa Kolut terputus akibat diterjang banjir sepekan yang lalu.
“Setelah putusnya jembatan saya sudah di tempit itu, untuk memberikan bantuan kepada warga saat melintas sungai yang berarus deras dengan kedalam setengah meter dan yang lebih membahayakan saat debet air naik naik akibat hujan dihulu sungai,” ungkap Akbar empat bengkok Kuning dipundak ini.

Lanjut Akbar, Desa Watumotaha memiliki 8 dusun dengan jumlah penduduk sekitar 3.000 jiwa sementara yang terisolir ini dusun 3 sampai dusun 8 yang penduduknya sekitar 1.500 jiwa. didusun 3 ada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Watumotaha dan didusun 8 terdapat sekolah jauh SDN 1 Watumotaha. ungkapnya

Putusnya jembatan yang dibangun bersama Kades Watumotaha bersama warga ini sudah yang kedua kalinya dengan dana Swadaya. Padahal jembatan yang putus baru dibuat diBulan Mei 2017. BPBD Kolut beberapa hari yang lalu sudah datang meninjau jembatan putus ini, namun sampai sekarang belum ada informasi selanjutnya, ujarnya.

“Jembatan Watumotaha sudah 5 warga mengalami kecelakaan, ada yang jatuh ditengah jembatan maupun saat akan turun kejembatan karena jalannya licin,” ungkapnya
Jembatan Putus Watumotahan sudah kami laporkan ke Kapolres Kolut, AKBP Bambang Satriawan dan kemungkinan hari ini beliau datang memelihat jembatan ini terangnya.

Kadis PU dan Tata Ruang Kolut, Mukrami melalui Hp nya mengatakan, dirinya sudah berkordinasi Bupati Kolut Nur Rahman Umar bersama Wabup H. Abbas untuk mencarikan solusi agar warga dapat melintas dengan aman.

“Di Tahun 2016 lalu, Dinas PU Kolut sudah merencanakan perbaikan jembatan tersebut hanya ada kendala di Anggaran, tetapi kami masih berupaya untuk memikirkan persoalan ini, ” jelasnya

KONTRIBUTOR : ISRAIL YANAS

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY