Suasana Pelantikan Plt. Dirut RSUD Koltim yang Baru. Tampak Dirut yang sedang Membaca sumpah yang dituntun oleh Plt. Sekda Koltim Foto: Dekri
Suasana Pelantikan Plt. Dirut RSUD Koltim yang Baru. Tampak Dirut yang sedang Membaca sumpah yang dituntun oleh Plt. Sekda Koltim Foto: Dekri

Tirawuta, Koran Sultra-Aneh, Lagi – lagi keganjalan ini terulang lagi di kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Seorang Pelaksana Tugas (Plt) Sekertaris Daerah (Sekda) koltim melampaui tugasnya sebagai Pelaksana tugas. Kamis (15/9/2016) Plt Sekda Koltim Samsul Bahri Majid ini, melantik Plt. Dirut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koltim dr. Abdul Munir Abu Bakar menggantikan posisi Irvan Labatamba yang sebelumnya Dirut pertama.

Pelantikan Plt. Dirut ini cukup aneh. selain yang melantik Plt juga, Posisi pelantikannya pun secara Diam – diam. Saat pelantikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Murtini Balaka dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) ulfawati turut ikut menyaksikan pelaksanaan pelantikan tersebut di Ruangan rapat RSUD.

Seyogiyanya, Plt. Dirut RSUD ini, dilantik oleh wakil Bupati jika Bupati dalam kondisi berhalangan.

Wakil Ketua DPRD Koltim Tajuddin Nur mengatakan, Proses pelantikan Dirut RSUD Koltim yang baru saja terjadi sangat Lucu. Sebab, menurut dia seorang pelaksana tugas Sekda tidak boleh melantik pejabat eselon III. Karena Plt Sekda saat ini tidak memiliki wewenang.

”Tidak boleh, saat ini jabatan Sekda Koltim hanya Plt bukan Definitif,”jelas Tajuddin.

Kata Tajuddin, proses pelantikan dirut RSUD koltim Inprosedural. ”Jadi ini cacat hakum, Seharusnya yang boleh melantik itu Wakil Bupati karena pejabat negara. Atau Pejabat Sekda yang sudah dilantik. Inikan tidak dilantik cuman sekedar ditunjuk,”pungkasnya.

Nantinya kata Tajuddin, Dirut RSUD Koltim yang baru saja dilantik ini, tidak akan menerima tunjangan apapun dari jabatannya. Karena yang melantiknya tidak sah secara hukum.

”Ini dari awalnya saja sudah salah bagaimana selanjutnya. Yang saya herankan Pak Bupati ini kan Birokrat sejati, kok bisa menunjuk Plt Sekda untuk melaksanakan pelantikan,”tutupnya.

Sementara itu setelah usai pelantikan, Plt Sekda Koltim Samsul Bahri Majid yang hendak dikonfirmasi tidak mau memberikan keterangan justru pihaknya mengatakan sedang terburu buru. ”Oh saya lagi Buru-buru,”singkatnya.

Sedangkan Abdul Munir yang baru saja dilantik oleh Plt Sekda Koltim, Sebelumnya memegang jabatan sebagai kepala Seksi SDM di Dinas Kesehatan Koltim mengaku, jika dirinya tidak tahu bakal dilantik oleh Plt. Sekda. “Pelantikan ini dilakukan secara mendadak. Saya sama sekali tidak tahu kalau saya bakalan dilantik menjadi dirut RSUD Koltim,” kata Abdul Munir usai dirinya dilantik.

Sedangakan Irvan Labatamba mantan Dirut RSUD ini, digeser dan diberikan jabatan sebagai Kepala Bidang Pertamanan di Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup.

Kontributor : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY