Muhamad Saleh, salah satu anggota Kepolisian berpangkat Brigadir yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kepolisian Resort (Polres) Bombana, yang kini sukses membangun Sekolah Dasar Swasta (SDS) di desa Tunas Jaya, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana. Foto: Wayan Sukanta

RUMBIA, KORAN SULTRA– Muhamad Saleh, salah satu anggota Kepolisian berpangkat Brigadir yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kepolisian Resort (Polres) Bombana, kini menjadi perhatian publik. Meski sibuk dengan tugasnya sebagai anggota Polri, ayah satu anak ini telah berhasil mengharumkan nama institusi Polri dengan membangun sebuah Sekolah Dasar Swasta (SDS) di desa Tunas Jaya, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana.

Melihat perjuangan anak-anak yang menempuh perjalanan jauh, dengan melintasi pematang sawah dan tambak menuju sekolah ke desa tetangga. Belum lagi, orang tua harus meluangkan waktunya untuk mengantar dan menjemput anak-anaknya. Olehnya itu, Brigadir Muh. Saleh kemudian berkomunikasi ke kepala desa dan warga setempat, agar dibangun sekolah di desa tersebut.

Berkat usaha dan kerja kerasnya, kini anak -anak di desa tersebut dapat bersekolah. Meski kondisi bangunan sekolah tersebut terbilang sederhana, namun masyarakat setempat menyambut baik dan antusias menyekolahkan anak mereka di sekolah itu yang diberi nama SDS Anak Soleh.

Brigadir Muhamad Saleh, salah satu anggota Kepolisian yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kepolisian Resort (Polres) Bombana, yang kini sukses membangun Sekolah Dasar Swasta (SDS) di desa Tunas Jaya, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana. Foto: Wayan Sukanta

Sekolah ini pertama kali didirikan pada 2015 lalu. Kepada Jurnalis Koran Sultra, Brighadir Muhamad Saleh mengaku, awalnya sekolah tersebut menggunakan kediaman warga yang saat itu sedang merantau, untuk aktivitas belajar mengajar. Namun, delapan bulan kemudian pemilik rumah kembali, sehingga pusat pendidikan harus berpindah ke balai desa. Akan tetapi, hal itu tak berlangsung lama, karena gedung tersebut kerap digunakan untuk kegiatan rapat.

“Melalui rapat bersama kepala desa, tokoh masyarakat dan warga setempat, akhirnya kami memutuskan untuk membangun sebuah gedung sekolah. Lalu saya berkomunikasi ke Dinas Pendidikan, terkait bagaimana cara untuk membangun suatu sekolah, dan mereka mengatakan hal utama yang harus disiapkan adalah lahan. Alhamndulilah, warga langsung mewakafkan lahan untuk pembangunan sekolah,”ujar Saleh, Sabtu (22/07/2017).

Tercapainya kesepakatan tersebut, Brigadir Muhamad Saleh bersama warga kemudian bergotong royong untuk membangun gedung sekolah atas sumbangsih warga dan bantuan dari Kapolres Bombana.

Sekolah Dasar Swasta (SDS) di desa Tunas Jaya, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana Foto: Wayan Sukanta

Pria yang juga berdarah muna ini menuturkan, saat ini SDS Soleh baru memiliki tiga kelas dengan jumlah 32 anak didik. Masih banyak sarana dan prasarana yang harus ditambah dan diperbaiki lagi, agar para anak didik dapat nyaman belajar.

“Awalnya hanya saya saja yang mengajar. Dan alhamndulilah keluarga mendukung apa yang saya lakukan, sehingga istri saya juga ikut membantu mengajar,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bombana AKBP Bestari Harahap melalui Kasubag Humas Polres Bombana, AKP Sahar mengatakan, pihaknya sangat bangga melihat kegigihan dan kerja keras seorang Bhabinkamtibmas yang telah mampu turun kemasyarakat dengan memberikan kontribusi yang positif.

“Kami akan berupaya untuk terus mengembangkan sekolah tersebut, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Polri sebagai mitra masyarakat, olehnya itu kami terus mendekatkan diri kepada masyarakat melalui kegiatan sosial melalui program Bhabinkamtibmas,”pungkasnya.

Kontributor : Wayan Sukanta
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY