Kolaka, Koran Sultra – Belasan orang Jurnalis yang bertugas di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalis yang dilaksanakan oleh Pengurus PWI Cabang Kolaka, Senin 28/08.

Rencananya Pelatihan Jurnalis Praktis yang mengusung Tema “Membangun Paradigma Kebebasan Pers yang Proffesional dan Bertanggung Jawab” ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni 28 hingga 29 besok yang bertempat di Hotel Sutan Raja Kolaka.

Tampak hadir saat pembukaan kegiatan, Bupati Kolaka H. Ahmad Safei yang sekaligus membuka kegiatan tersebut, Kajari Kolaka, Direktur PT.ANTAM Tbk, Ketua PWI Sultra, Sarjono dan sejumlah Pengurus PWI Sultra dan para SKPD Lingkup Pemkab Kolaka.

Dalam Pelatihan Jurnalistik Praktis kali ini menghadirkan Pemateri yang juga Sekjen PWI pusat HENDRIK Ch BANGUN serta sejumlah Pemateri lainnya PWI pusat yang ikut meberikan pellatihan kepada para Jurnalis ini.

Tampak Hendrik Ch Bangun (Sekjen PWI Pusat) sedang memberikan materi terhadap para wartawan peserta Pelatihan Jurnalistik. Foto Asri Joni

Saat membawakan materinya, Hendrik Ch Bangun mengingatkan kepada para wartawan yang mengikuti Pelatihan Jurnalistik dalam penulisan berita harus benar benar mengacu kode etik jurnalis, “ Jangan asal tulis saja, sebagai wartawan harus benar benar proffesional sebab sudah ada undang undangnya dan sebagai wartawan juga harus mengacu kode etik jurnalistik yang ada. Sebab kalau kita asal menulis berita saja tanpa informasi atau keterangan sumber bisa saja tidak berimbang dimana berita itu harus betul – betul berimbang” katanya.

Hendrik mengatakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini adalah salah satu wadah untuk mengasah ilmu serta wawasan sebagai seorang jurnalis dalam mengikuti Ujian Kopemtensi Wartawan (UKW) kedepan nantinya, tambahnya.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengapresiasi terlaksanannya Kegiatan Pelathan Jurnalis yang diadakan oleh PWI Kolaka ini, “ Saya sangat merespon dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalistik ini, kalau perlu jika diadakan lagi acara acara pelatihan semacam ini, kita tinggal sharing dengan Pemda Kolaka supaya Kolaka lebih maju kedepannya sesuai kita inginkan bersama sama, sebab kalau wartawanya cerdas cerdas dalam pemberitaannya saya percaya Kolaka ini akan maju kedepanya” ujar H. Ahmad Safei dalam sambutannya.

Belasan wartawan yang mengikuti pelatihan Jurnalis ini terdiri dari sejumlah media cetak, daring, Radio dan TV dan tiga diantaranya Wartawan Koran Sultra, Asri Joni, Andi Hendra dan Hamdan.

Kontributor : Asri Joni
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY