Bupati Koltim saat Meresmikan PLTD di Sanggona Foto: Dekri
Bupati Koltim saat Meresmikan PLTD di Sanggona Foto: Dekri

TIRAWUTA, KORAN SULTRA-Janji politik Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah menjamin ketersedian listrik hingga kepelosok desa secara bertahap mulai diwujudkan. Salah satunya dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di pedesaan. Baru-baru ini, Senin (16/1). Bupati Tony meresmikan pemakaian pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berkapasitas 500 kilovolt ampere (KVA) di Kelurahan Sanggona, Kecamatan Uluiwoi.

Dalam sambutannya, Tony yang disaksikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka/Koltim Jefferdian, Danramil Mowewe Hamka, serta sejumlah masyarakat uluiwoi meminta masyarakat di desa tersebut untuk memelihara dan merawat sebaik-baiknya mesin pembangkit yang dikelola oleh Perusahaan Daerah (perusda) Koltim itu.

“Saya meminta mesin pembangkit ini dirawat dan dipelihara baik-baik supaya pemakaiannya bisa lebih awet,” ujarnya sebelum meresmikan PLTD dengan menggunakan mesin merek Komatsu ini.

Kepala Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Koltim Eko Susanto melaporkan PLTD ini akan menggunakan jaringan distribusi saluran udara tegangan rendah sepanjang 9000 meter persegi. yang dapat melayani sebanyak 220 rumah tangga sasaran yang berada di Kelurahan Sanggona dan Desa Tondowatu. “Setiap pelanggan akan diberikan daya 450 waat,” ujarnya.

Kajari Kolaka/ Koltim saat menggunting pita sebagai tanda resminya PLTD sanggona Foto: Dekri Koran Sultra
Kajari Kolaka/ Koltim saat menggunting pita sebagai tanda resminya PLTD sanggona Foto: Dekri Koran Sultra

Menurut Eko, pembangunan PLTD ini bertujuan untuk memberikan akses pelayanan kelistrikan masyarakat di Kelurahan Sanggona dan Desa Tondowatu yang selama merdekanya RI belum pernah menikmati penerangan. Selain itu kata Eko, PLTD ini juga merupakan salah satu peningkatan kesejatraan dan rasa aman warga di malam hari.

Ia berharap, masyarakat di dua tempat tersebut dapat mengelola pembangkit itu sebaik-baiknya. Dan ke depan ia berjanji bakal mengupayakan pengembangan jaringan listrik di wilayah itu hingga dapat mengaliri 500 rumah tangga sasaran.

”Kedepannya pemerintah bakal canangkan agar PLTD tersebut dapat digunakan sebanyak 500 rumah tangga sasaran. Sehingga saya berharap dapat dipelihara sebaik mungkin,” katanya, saat memberikan sambutan, sekaligus membacakan laporannya pada Bupati Koltim.

Kontributor : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY