Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah saat menandatangani prasasti, sebagai tanda diresmikannya bangunan SMP 6 Lambandia Foto: Dekri
Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah saat menandatangani prasasti, sebagai tanda diresmikannya bangunan SMP 6 Lambandia Foto: Dekri

TIRAWUTA, KORAN SULTRA– Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah, Rabu (15/3), meresmikan gedung baru SMPN 6 Lambandia di Desa Lowa, Kecamatan Lambandia. Gedung SMPN 6 tersebut dibangun melalui bantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang dikucurkan pemerintah Australia melalui Pemkab Koltim, senilai Rp 2,2 milyar.

Acara peresmian tersebut, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua DPRD Koltim Djuliansi Silondae, yang diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Koltim. Sekolah yang Sebelumnya diketahui hanya memiliki tiga Ruang Khusus Belajar (RKB) itu, kini telah memiliki beberapa bangunan diantaranya Ruang Khusus Belajar, Bangunan Perpustakaan, Laboratorium, Mushalla, Kantor, Ruang Guru, Aula Rapat dewan guru dan Kantin.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora), Koltim Ir HJ Surya Hutapea, mengatakan, bangunan tersebut merupakan bantuan APBN pemerintah Australia yang tidak ada campur tangannya denagan pihak sekolah.

”Bantuan ini merupakan usulan Dinas Dikmudora, bukan usaha kepala sekolah. Hanya saja dana tersebut langsung masuk ke rekening pribadi Kepala Sekolah,” katanya.

Sebab kata Surya, kesepakatan Memorandum of Understanding (MOU) antara Kementrian dan Dinas Dikmudora, ditandatangani olehnya.

Kadis Dikmudora Koltim, Ir HJ Surya Hutapea saat memberikan sambuatan dalam acara peresmian SMP 6 Lambandia Foto: Dekri
Kadis Dikmudora Koltim, Ir HJ Surya Hutapea saat memberikan sambuatan dalam acara peresmian SMP 6 Lambandia Foto: Dekri

”Jadi, jika ada persoalan dibelakang hari disekolah ini, yang bertanggung jawab sepenunya itu Dikmudora. Karena yang menandatangani adalah saya,” tegas Surya.

Sebenarnya kata Surya pihaknya kecewa, terhadap Kepala Sekolah yang melakukan pembangunan tanpa ada kordinasi lebih awal, pada Dinas terkait.

”Gara-gara tidak ada kordinasi, Koltim hampir saja tidak mendapatkan bantuan lagi dari Australia,” tandasnya.

Surya berharap, dengan diresmikannya sekolah itu, semua dewan guru yang bertugas dapat merawat dan menjaga bangunan tersebut.

Bupati Koltim Tony Herbiansyah dalam sambutannya berharap, agar sekolah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

BACA JUGA: Surya Hutapea: Kepsek yang Ketahuan Pungli akan Dinon-jobkan

Kontributor : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY