Pegawai RSUD Koltim saat memperlihatkan bantuan Alkes yang baru saja diberikan Bupati Koltim Foto: Dekri
Pegawai RSUD Koltim saat memperlihatkan bantuan Alkes yang baru saja diberikan Bupati Koltim Foto: Dekri

TIRAWUTA, KORAN SULTRA-Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), Tony Herbiansyah bersama Wakil Bupati Andi Merya Nur serta Kepala Dinas (Kadis), Kesehatan Ulfa Wati, tadi ini menyerahkan langsung sejumlah Alat Kesehatan (Alkes), di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koltim. Selain itu, Bupati juga berikan bantuan terhadap 12 puskesmas yang berada di Koltim.

Dalam sambutanya, bupati mengakui jika kesehatan itu memang sangat penting, terutama dalam sisi pelayanan. Pelayanan jika sudah baik, maka secara otomatis segala kebutuhan inprastruktur dan alat medis hingga dokter spesialisnya, akan diperhatikan dan itu sudah menjadi prioritas pemerintah dalam perbaikan khusunya dibidang kesehatan.

“Utamakan pelayanan dasar. Kalau pelayanan dasar sudah baik, maka insya allah semua kebutuhan baik dari infrastruktur, alat dan manusianya akan ikut kami perhatikan,” kata Tony, Kamis (12/01).

Pada tahun lalu (2016 red), batuan untuk alkes kata tony, alhamdulillah sudah mulai sedikit demi sedikit diberikan. Walaupun itu belum seberapa, kata dia namun, di tahun ini Pemerintah daerah bakal memproritaskan lagi bantuan bantuan kesehatan lainnya.

“Untuk tahun ini, kemungkinan Rumah Sakit (RS), akan mendapatkan bantuan dari pusat melalui angaran Dana Alokasi Khusus (DAK) berupa dua unit mobil Ambulance,” katanya.

Bupati Koltim dari  Kanana saat bersalaman Dirut RSUD Koltim Kiri, di dampingi Asisten I tengah Foto: Dekri
Bupati Koltim dari Kanana saat bersalaman Dirut RSUD Koltim Kiri, di dampingi Asisten I tengah Foto: Dekri

Bukan hanya RS saja kata Tony, sejumlah puskesmas juga bakal diberikan bantuan. Sebab kata dia, pemerintah akan terus berupaya sebaik mungkin untuk memperhatikan kesehatan.

” Pemerintah adalah ujung tombak, sehingga merupakan hal mutlak untuk memperhatikan Kesehatan masyarakat,” katanya.

Kepala Puskesmas Lambandia Gunawan mengungkapkan, jika pemberian bantuan Alkes kali ini sangat membantu tenaga medis didalam melayani pasien. Hanya saja bangunan yang masih belum memadai.

“Alhamdulillah kalau Alkesnya lumayan sudah memadai. Hanya saja bangunan dan ruangan yang saat ini kurang memadai,” ungkap Gunawan pada oran Sultra.

Untuk diketahui, Alkes yang diberikan bupati terhadap RSUD sebanyak 10 jenis Alkes. Diantaranya berupa Tempat Tidur 12 unit, Bedside Cabinet 4 unit, Mesin EKG 2 unit1, Dental Unit 1 buah, Meja Ginegelong 2 unit, Standing Tensimeter 1 unit, Stetoskop Bayi dan Anak masing-masing 1 unit, Troley Alat 2 unit, dan X-Rey Viewer 1 unit.

Sedangkan bantuan Alkes yang diberikan pada 12 puskesmas yaitu Kulkas Paksin, Dental Unit, Brangkel, dan tempat tidur sebanyak 10 unit.

Kontributor : Dekrit
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY