Yuswin, S.Pd
Bupati LIRA DPD Kolaka Periode 2017 – 2020

Kolaka, Koran Sultra – LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) DPD Kabupaten Kolaka Propinsi Sulawesi Tenggara kini resmi dijabat oleh Yuswin,S.Pd selaku Bupati LIRA DPD Kolaka periode 2017 – 2020. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan DPP LIRA Nomor : B.00053/DPP-LIRA/SK-DPD-KAB-KOLAKA/V/2017 yang ditandatangani di Jakarta pada tanggal 25 Mei 2017 oleh Dewan Pimpinan Pusat Drs. HM. Jusuf Rizal, SE.,M.Si selaku Presiden LIRA dan Ahmad Hadariy, S.Ag.,MH selaku Sekretaris Jenderal.

Terkait adanya rumor yang berkembang bahwa SK Pengurus LIRA yang baru ini merupakan bagian dari upaya untuk menggulingkan kepengurusan yang lama (Yoji Sidupa, Cs) atas perselisihan di internal LIRA Kolaka. Hal tersebut dibantah langsung oleh Bupati LIRA Kolaka. Menurutnya rumor tersebut terkesan berlebihan dan provokatif.

“Pergantian kepengurusan LIRA DPD Kolaka murni merupakan hak DPP LIRA. Pada dasarnya pergantian kepengurusan LIRA Kolaka dilakukan mengigat periode kepengurusan yang lalu telah berakhir pada tahun 2017. Jadi konotasi bahasa “menggulingkan” terlalu berlebihan dan terkesan provokatif. Adapun konflik internal yang di issukan tersebut tidaklah benar. Meski saat itu saya menyatakan untuk tidak lagi aktif sebagai Sekretaris Daerah sejak tahun 2014 hingga 2017, bukan karena adanya perselisihan, melainkan pada saat itu kami masing-masing memiliki kesibukan sehingga tidak ada lagi komunikasi seperti biasanya”. Tegas Yuswin

Perubahan struktur DPD LSM LIRA Kabupaten Kolaka yang baru ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga LIRA secara menyeluruh serta untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas-tugas LIRA secara kolektif di Kabupaten Kolaka. Bupati LIRA DPD Kolaka menyampaikan bahwa dengan adanya kepengurusan yang baru diharapkan dapat memberikan spirit baru dalam upaya mencapai tujuan dan perjuangan LIRA demi kepentingan masyarakat pada umumnya.

“Sebagai pimpinan yang baru, saya hanya ingin konsen untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Bupati LIRA Kolaka untuk masa bakti 2017 – 2020 sesuai amanat AD/ART dan garis perjuangan LIRA. Mengingat hal itu saya ingin menyampaikan bahwa pada dasarnya LSM LIRA merupakan Gerakan Organisasi Komunikasi Kebangsaan dan Kerakyatan yang berusaha mendorong partisipasi publik secara aktif, objektif dan kritis menuju perbaikan bangsa demi tercapainya transparansi, akuntabilitas publik, penegakan seupremasi hukum, yang bersifat agaliter dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi, Hak Asasi Manusia dan kedaulatan rakyat. Oleh karena itu saya mengharapkan kerjasama yang baik kepada seluruh jajaran pemerintah serta stakeholders di kabupaten kolaka tak terkecuali civil society dan Lembaga Pers untuk secara aktif, kritis dan konsisten dalam mendorong percepatan pembangunan dan mewujudkan masyarakat kolaka yang adil, makmur dan sejahtera”. ujarnya

LSM LIRA merupakan mitra pemerintah namun tetap kritis utamanya terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai tidak pro terhadap kepentingan masyarakat. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kami untuk selalu melakukan pengawasan, memberikan masukan, mendorong optimalisasi pelayanan publik, transparasi dan akuntabilitas terhadap kinerja pemerintah, mendorong penegakkan supremasi hukum serta mewujudkan pemerintahan yang bebas KKN.

Mengenai rencana kerja LIRA Kolaka kedepan, Yuswin mengatakan akan memprioritaskan untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh pihak-pihak yang terkait dan menertibkan administrasi secara kelembagaan. Selain itu, dalam waktu dekat LIRA Kolaka akan melakukan konsolidasi internal pengurus dalam menghadapi persiapan pelantikan pengurus.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan sosialisasi kepada seluruh pihak terkait sekaligus melaporkan kepengurusan yang baru kepada pemerintah daerah dalam hal ini Kesbangpol kabupaten kolaka. setelah semua dipastikan berjalan dengan lancar, maka kami akan melakukan konsolidasi internal untuk membahas persiap an pelantikan pengurus baru yang sedianya akan dilaksanakan di kolaka. Selain itu kami akan terus berupaya menertibkan administrasi secara kelembagaan guna mencegah penyalahgunaan organisasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.” ujar Yuswin

Kontributor : A.Hendra
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY