Kolaka, Koran Sultra – Potensi Lahan percetakan sawah di Desa Ranosangia dengan luas 300 hektar are di tinjau oleh Camat Toari pada senin,11 /9/2017.

Dengan mengendarai sepeda motor, Sabbaruddin Camat Toari didamping Ardin kepala Desa Ranosangia Babinkamtibmas Polsek Watubangga, Esa Suarsa Kepala BP3k Kecamatan Toari, Serta Tokoh penggagas H.Suyuti, menelusuri hamparan padang ilalang diDesa Ranosangia dengan jarak tempuh 15 km menuju lokasi perencanaan percetakan sawah baru .

Menurut Camat bahwa Pemerintah kecamatan Wajib Menggali berbagai Potensi yang ada di wilayah kerjanya ” Saya selaku Camat sangat mendukung gagasan percetakan sawah baru ini , yang digagas oleh H. Suyuti dan Kepala Desa Ranosangia, apalagi berkaitan dengan program SMS Berjaya yaitu meningkatkan Ketahanan pangan serta Menciptakan lapangan kerja baru bagi masyaraka Kolaka”, katanya.

camat pun menambahkan bahwa secepatnya hal ini akan di Koordinasikan dengan pemerintah daerah kabupaten Kolaka nantinya.

Esa suarsa Kepala Bp3 Kecamatan Toari, Hal yang sama juga di katakannya bahwa Hasil peninjauanya Lokasi di Desa Ranosangia ini berpotensi untuk percetakan sawah baru kedepannya ” saya sangat setuju karena dekat dengan hulu sungai Toari, jadi masalah air mudah di Aliri ke sawah nantinya, kami secepatnya akan buat laporan serta usulan ke Dinas Tanaman Pangan kabupaten Kolaka semoga cepat dapat direalisasi”,katanya.

Ardin Kepala Desa Ranosangia sangat setuju dan mendukung secara positif kalau rencana program cetak sawah baru ini didesanya, menurutnya program ini akan membuka lapangan pekerjaan bagi warganya dan Kecamatan Toari pada Umumnya,” berkaitan dengan hal ini, saya sudah rembuk dengan semua aparatur desa yang ada serta Tokoh masyarakat Desa ranosangia dan membahas rencana pembuatan akses Jalan baru menuju lokasi rencana percetakan sawah ini di tahun 2018 yang tidak lama lagi”, ungkapnya.

Kontributor :Mel/Joni
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY