Dosen ilmu gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Dr. Andi Nurlinda SKM., M.Kes.

MAKASSAR, KORANSULTRA.COM – Dari sekian banyak penyakit yang mengancam, kanker menjadi salah satu yang paling ditakuti. Tidak sedikit pula penderita kanker yang menyerah begitu saja terhadap penyakit yang diderita dan berakhir tragis.

Kanker merupakan penyakit dimana jumlah sel kanker di dalam tubuh berada di atas rata-rata jumlah sel kanker normal dan dapat menyerang jaringan dan organ di sekitarnya. Kanker payudara, kanker usus, kanker darah, kanker paru-paru, kanker prostat dan masih banyak lagi jenis kanker yang menghantui kehidupan banyak orang.

Bukan rahasia lagi jika kanker merupakan penyakit mematikan yang secara perlahan dapat merenggut hidup penderita meskipun sudah menjalani pengobatan intensif. Beberapa jenis kanker memang sulit disembuhkan.

Sementara ketidaksuburan adalah ketakutan terbesar bagi pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan keturunan.

Gaya hidup seseorang menjadi akar penyebab kanker dan ketidaksuburan itu sendiri. Semakin pintar seseorang mengatur pola hidupnya, maka akan semakin kecil kemungkinan dirinya terkena kanker.

Salah satu cara sederhana mencegah kanker dan ketidaksuburan adalah dengan menjaga asupan gizi tetap seimbang.

Demikian disampaikan dosen ilmu gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Dr. Andi Nurlinda SKM., M.Kes.

“Masyarakat Indonesia khususnya perempuan, belum memperhatikan keseimbangan asupan gizi, kadang kurang dan kadang berlebih. Hal ini bisa menyebabkan mereka terjangkit kanker dan berujung pada kematian,” ujarnya, Senin (18/9/2017)
.
Kata dia, dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan, kebiasaan makan sayur dan buah bagi orang Indonesia masih rendah. Padahal sayuran dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang tinggi.

Lulusan S3 Institut Pertanian Bogor ini menjelaskan, penyebab kanker belum diketahui secara pasti, karena merupakan suatu komplikasi atau gabungan dari banyaknya penyebab yang ada (multifaktor).

Meski demikian, tidak ada salahnya untuk melakukan pola hidup sehat, salah satunya dengan menjaga asupan gizi tetap seimbang.

Berikut sumber makanan yang menghasilkan status gizi yang baik, tidak kelebihan zat tertentu atau sebaliknya tidak kekurangan zat lainnya.

Zinc :
Kekurangan zinc bisa menyebabkan ketidaksuburan. Zinc bisa diperoleh dari makanan laut seperti kerang-kerangan.

Yodium :
Kekurangan yodium bisa menyebabkan keguguran. Yodium bersumber dari pangan yang berasal dari laut.

Transfer factor :
Transfer factor adalah molekul yang berasal dari kolostrum sapi dan kuning telur ayam. Tranfer factoR merupakan suplemen yang sangat kuat dalam memperbaiki sistim imun.

Selanjutnya, sistim imun akan menjadi kuat dan cerdas sehingga mampu melawan menghancurkan sel kanker, juga bisa menyeimbangkan hormon kewanitaan. Bhormon berlebih maka bisa menyebabkan tumor atau kanker. Bila hormon tidak stabil, terjadi gangguan haid dan ketidaksuburan.

Makanan Bervariasi :
Makanlah dengan porsi kecil, agar masih bisa memakan makanan lainnya yang lebih beragam nutrisinya.

Food Suplemen :
Jika tidak mampu memenuhi kecukupan gizi setiap hari, bisa dibantu dengan minum food suplemen(CJ UMI)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY