Upacara Pembukaan Peringatan Peristiwa 19 November 1945 di Tugu Perjuangan Sakuli  Foto: Anto
Upacara Pembukaan Peringatan Peristiwa 19 November 1945 di Tugu Perjuangan Sakuli Foto: Anto

KOLAKA,Koran Sultra – Sejarah pertempuran melawan belanda pada 19 november 1945 di kabupaten Kolaka. Kabupaten Kolaka gelar kegiatan memperingati Sejarah itu, Tugu Perjuangan yang terletak di kelurahan Sakuli, kecamatan kolaka, dihadiri Puluhan peserta untuk melakukan Upacara Pembuakaan pada, jumat (18/11) sore.

Kegiatan yang dinahkodai Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kolaka itu, melibatkan sejumlah element masyarakat kolaka. Peristiwa 19 November 1945 ini, diperingati guna untuk menjadi apresiasi Pemerintah kabupaten Kolaka. Terhadap Pejuang, dan Pahlawan yang mengorbankan diri demi keutuhan NKRI di kolaka.

Tujuan kegiatan itu yaitu, agar sejarah tidak terlupakan oleh generasi penerus bangsa. Ketua KNPI Kolaka Bung Dili, Pada koran sultra menuturkan, Pemda Kolaka juga diharapkan agar peringatan hari Bersejarah itu berlanjut setiap Tahun. ”Tujuannya, sebagai masukan untuk Pemda kolaka. Agar Kegiatan Peringatan Peristiwa 19 november itu, menjadi program yang dapat terlaksana setiap Tahunnya,” tutur Bung Dili.

Sementara itu Asisten I Penkab Kolaka Ismail mengatakan, Pemda kolaka akan berupaya menjadikan peringatan 19 november 1945 dapat menjadi program pemda Kolaka nantinya. ”Kita lihat kedepannya, kegiatan memperingati Peristiwa bersejarah yang terjadi di kolaka ini, bakal diprogramkan agar dapat dilaksanakan setiap tahun,” katanya.

Meski pun hujan deras mengguyur kolaka jumat saat itu, namun para peserta yang berbaris di lokasi tidak bergeming, hingga upacar usai. Pelepasan dilakukan oleh Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir, peserta bergeser ke titik perkemahan di kawasan pelabuhan Fery kolaka. Napaktilas dijadwalkan pada tanggal 19/11 pukul 07.00 Wita, dan berakhir di Sabilambo KM.8 area Tugu 19 november Kolaka.

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY