Kendari, Koran Sultra – Komandan Korem (Danrem) 143/HO resmi berganti, Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti bertindak sebagai Irup dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) Danrem 143/HO dari Kolonel Inf Andi Perdana Kahar, SH kepada Kolonel Arm Dedi Nurhadiman S.I.P., di Aula Serba Guna Mako Kodam XIV/Hsn di Jl. Jl. Urip Sumoharjo KM.7 Kota Makassar Sabtu (25/11).

Sertijab Danrem 143/HO ini dilaksanakan secara bersamaan Sertijab Irdam XIV/Hasanuddin, Asintel dan Aspers Kasdam XIV/Hsn, Staf Ahli Pangdam XIV/Hsn Bidang Sosial Budaya, Staf Ahli Pangdam XIV/Hsn Bidang Ekonomi, Danpomdam XIV/Hsn serta penyerahan Tugas Staf Ahli Pangdam XIV/Hsn Bidang Manajamen Sishanneg, demikian Rilis yang diterima koransultra.com dari Kapenrem 143/HO Mayor Azwar, D.

Prosesi serah Terima Jabatan Danrem 143/Ho ditandai dengan penyerahan tongkat, penyematan tanda jabatan, penyerahan duaja Korem 143/Ho dan penandatanganan naskah berita acara serah terima Jabatan dari pejabat lama kepada pejabat baru dihadapan Panglima Kodam XIV/Hasanuddin.

Dalam sambutannya Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti, menyampaikan beberapa point kepada pejabat yang baru saja dilantik, “ Perlu saya ingatkan, bahwa sebagai pejabat baru, etos kerja sangat penting ditanamkan dalam diri sendiri disertai komitmen yang tinggi, bahwa bertugas di Kodam XIV/Hasanuddin tidak hanya dituntut untuk mampu bekerja dengan baik, tetapi juga diperlukan kecermatan dan kepekaan dalam memahami perkembangan situasi maupun dinamika yang terjadi ” Ujar Pangdam.

Dirinya juga mengharapkan agar para pejabat di lingkungan Kodam XIV/Hsn dapat bekerja cepat, cermat dan maksimal, karena memang tuntutan tugas di Kodam ini relatif tinggi, tegasnya.

Untuk mendukung semua itu, ujar pangdam, diperlukan pembaharuan. “ dengan demikian daya inovasi serta kreativitas adalah sebuah tuntutan, sehingga apapun yang dilakukan tidak terjebak dalam lingkaran rutinitas” tutur Pangdam.

“ Dengan memahami esensi tersebut, saya berharap kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh pimpinan, dapat dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya, baik kepada negara maupun kepada Tuhan Yang Maha Kuasa “ ungkapnya.

Selanjutnya Kepada Danrem 143/Ho secara khusus Pangdam mengingatkan, bahwa Korem 143/Ho memiliki tugas dan fungsi strategis yang dijabat oleh Perwira pilihan, dengan harapan Perwira yang bersangkutan mampu menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks, dihadapkan pada konteks wilayah yang menjadi tanggung jawabnya, apalagi dalam menghadapi tahun politik 2018, agar menjaga kredibilitas dan marwah TNI dengan mengedepankan netralitas “ Tegasnya.

Lebih jauh Panglima meminta agar Danrem 143/Ho senantiasa menjalin kerja sama yang baik dan harmonis dengan Pemerintah Daerah dan segenap unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Institusi terkait serta komponen lainnya yang ada di wilayah Korem 143/Halu Oleo.

Untuk diketahui Korem 143/Ho merupakan sub-kompartemen Kodam XIV/Hsn, yang dituntut mampu menyelenggarakan dan melaksanakan tugas-tugas dalam bidang perencanaan, pembinaan dan operasi, mengkoordinasikan, mengendalikan, mengawasi pelaksanaan peningkatan kemampuan personel serta pembinaan teritorial.
Korem 143/Ho merupakan daerah yang memiliki keaneragaman adat dan budaya yang khas sehingga ditinjau dari berbagai asfek Sultra merupakan daerah yang unik.

Sultra juga memiliki daerah wisata yang menjadi pusat perhatian dunia yaitu daerah wisata Wakatobi.Hal tersebut tentunya perlu mendapatkan perhatian khusus mengingat daerah tersebut tidak menutup kemungkinan menjadi salah satu pintu masuk peredaran jaringan narkoba Internasional.

Selain itu wilayah Sultra memiliki kandungan mineral yang sangat kaya, berbagai aneka mineral seperti Nikel, Besi, Emas, Mangan, dan mineral lainnya banyak terdapat di wilayah Sultra.

Dengan berbagai persoalan yang unik dan berbagai kekhususan yang berbasis keanekaragaman dan kemajemukan, baik dari aspek geografi, demografi maupun kondisi sosial masyarakat, maka penanganannya harus dilakukan secara komprehensif, terpadu dan lintas sektoral dengan Pemerintah Daerah, maupun instansi dan pihak terkait, disertai pelibatan partisipasi masyarakat, harus selalu diutamakan dan dikedepankan oleh satuan kewilayahan guna menciptakan kondisi sosial yang aman dan kondusif.

Lebih lanjut Pangdam XIV/Hsn, mengharapkan kepada pejabat baru Danrem 143/Ho, agar melakukan tugas-tugas Pembinaan Kewilayahan dengan sebaik-baiknya, dilandasi oleh rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan serta semangat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Kemanunggalan TNI-Rakyat, melalui tampilan sosok prajurit yang disegani, dicintai serta, mampu menjadi pengayom dan pelindung rakyat.
Bangun terus komunikasi melalui dialog serta interaksi yang intensif dan konstruktif dengan aparat terkait dan komponen bangsa lainnya dalam upaya penyelesaian setiap permasalahan yang berkembang di wilayah masing-masing.

Di akhir sambutannya Pangdam XIV/Hsn, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kolonel Inf Andi Perdana Kahar, SH beserta isteri, atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan Danrem 143/Ho, selama ini, Kolonel Inf Andi Perdana Kahar, SH, selanjutnya akan berkiprah di dunia sipil, Pangdam XIV/Hsn meminta agar Kolonel Andi tetap menjaga hubungan yang baik dengan almamaternya di TNI .

Kepada Kolonel Arm Dedi Nurhadiman S.I.P beserta Isteri, Pangdam XIV/Hsn, menyampaikan ucapan Selamat atas pengangkatannya sebagai Danrem 143/Halu Oleo serta sebagai Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 143 PD XIV/Hsn.
Mengakhiri sambutannya Pangdam XIV/Hsn menegaskan bahwa, “ Satu hal yang perlu dipegang teguh oleh setiap prajurit dimanapun bertugas, bahwa kesetiaan dan loyalitas merupakan sendi utama dan kekuatan dalam melaksanakan tugas maupun kewajiban, sesuai dengan amanah pimpinan demi kehormatan diri sendiri dan kehormatan satuan serta muaranya adalah untuk kejayaan bangsa dan negara “ Pungkasnya.

Acara serah terima jabatan Danrem 143/ho dan 7 pejabat utama Kodam XIV/HSN lainnya, dihadiri oleh Kasdam XIV/Hsn Brigjen TNI Budi Sulistyono, Irdam, para Danrem, Danrindam, para Asisten, Perwira Ahli, Perwira LO, para Kabalak dan para Komandan Satuan Jajaran Kodam XIV/Hsn.

Turut hadir dalam acara serah terima jabatan pejabat utama Kodam XIV/Hsn tersebut, Ketua dan Wakil Ketua beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIV/Hasanuddin.

Editor : Adrian

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY