Kolaka, Koran Sultra – Desa Puu Lawulo dipastikan akan mewakili Kecamatan Kolaka pada lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2017.

Keberadaan program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Desa Puu Lawulo, Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka telah secara nyata dirasakan masyarakat sekitar desa, sabtu, (16/9).

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Desa (kades) Puu Lawulo, Mutmai, implementasi dan hasil dari program tersebut secara khusus sangat dirasakan oleh kaum perempuan di pedesaan, dalam upaya meningkatkan cakupan bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, serta pemberdayaan perempuan. Program perbaikan fisik pada P2WKSS, seperti perbaikan rumah tidak layak huni, jalan desa, dan lingkungan sangat dirasakan masyarakat, ujarnya di kantor desa Puu Lawulo.

Mutmai juga menambahkan, pelaksanaan program P2WKSS di Desa Puu Lawulo ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan keluarga sehat sejahtera melalui pemberdayaan kaum perempuan sebagai motor penggerak pembangunan, tambahnya.

Sebagai warga Desa Puu Lawulo, A. Murti, mengatakan Pelayanan P2WKSS ini cukup lumayan bagus dan memuaskan, apatah lagi pak desa adalah orang sini juga tentu dalam hal pembangunan itu sudah bagus. Ungkapnya

Lanjutnya, “Perkembangan yang ada di desa ini, sudah banyak perubahan dan kemajuan dibanding yang dulu, khususnya pada pelayanan kedepannya agar lebih ditingkatkan dan diperbaiki lagi,” harapnya.

Sementara itu, Mutmai mengatakan, pembenahan akan terus kita tingkatkan, utamanya di areal kantor desa karena ini adalah titik sentral, dan pihak kami juga sudah menyisir dan melakukan pembenahan secara inovatif dan itu bisa kita lihat di kampung bajo, Imbuhnya

Selama ini penilaian P2WKSS ini hanya di daratan, sekarang ini gebrakan yang hendak kami lakukan adalah menjadikan kampung bajo sebagai kampung wisata, persoalan juaranya nanti itu biar Tuhanlah yang tahu intinya saya sudah berupaya semaksimal mungkin, Tegasnya.

“Selepas dari kegiatan ini, semoga kedepannya desa kami lagi yang mendapat kepercayaan sebagai desa perwakilan Kabupaten Kolaka sebagai kampung kencana,” harapnya.

Kontributor : Hamdan
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY