Jamuri, SH. Kuasa Hukum para Penggugat

Raha, Koran Sultra – Tak terima akibat dicopot dari jabatanya yang dianggapnya tidak sesuai mekanisme tiga orang perangkat desa ini yakni, La Ode Biku sebagai kaur pemerintahan, Rohi Mandakia (sekertaris) dan La Ode Alam Bakti (Kaur umum) mengajukan persoalan ini ke meja hijau.

“Mantan” Perangkat Desa ini mendaftarkan gugatanya pada kamis 8/06/2017 dan diterima oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) kendari dengan perkara no 12/G/2017/PTUN-KDI.

Diketahui, kasus ini mencuat sejak Pejabat sementara (PLT) Pusrawati sebagai Kepala Desa Latompe Kecamatan Lawa Kabupaten Muna Barat (Mubar) mencopot tiga perangkatnya bedasarkan surat keputusan kepala desa No 02 tahun 2017 tanggal 10 mei 2017.

Namun surat keputusan kepala desa dinilai cacat hukum serta keabsahan surat keputusan (SK)
” SK apakah sah atau tidak, tetapi menurut kajian saya pemberhentian ketiga orang tersebut tidak sesuai mekanisme ” ujar Jamuli. SH, sebagai kuasa hukum dari tiga perangkat desa ini, Kamis (8/6) di Kendari, saat berbincang dengan Koran Sultra via seluler.

Tetapi menurut kajian saya pemberhentian ketiga orang tersebut tidak sesuai peraturan perundang-undangan oleh sebab itu surat keputusan tersebut layak dinyatakan tdk sah dan cacat hukum.” uu no 6 tahun 2014 tentang desa jo peraturan pemerintah no 43 tahun 2014 yang telah diubah dengan pp no 47 tahun 2014 tentang pelaksanaan uu no 6 2015 tentang desa. jo permendagri no 83 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa jelas mengatur soal pemberhentian sebagai perangkat desa, tetapi kepala desa sebagai pemegang kekuasaan ditingkat desa telah mengabaikan aturan hukum tersebut” terang Jamuri.

“negara ini adalah negara hukum bukan negara berdasar atas kekuasaan oleh karena itu kepala desa harus bertindak sesuai hukum. tidak boleh sewenang wenang” ujar Kuasa Hukum para penggugat
“makanya perkara ini kami serahkan pada lembaga penegak hukum untuk memeriksa dan memutus perkara tersebut, ” pungkasnya

Kontributor : Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY