Sejumlah warga saat sedang mengurus Suket, pengganti e-KTP Foto: A. Hendra
Sejumlah warga saat sedang mengurus Suket, pengganti e-KTP Foto: A. Hendra

KOLAKA, KORAN SULTRA– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kolaka mengeluarkan Surat Keterangan (Suket) barcode perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bagi warga Kolaka.

Selain untuk mengatasi kekosongan blanko e-KTP, Suket barcode juga akan membantu warga Kolaka yang belum memiliki e-KTP.

“Kalau ada barcode-nya, ada data yang terekam juga meski tidak mempunyai e-KTP. Sehingga proses pengecekan data nanti tinggal scanning barcode oleh aplikasi di komputer,” kata Sekertaris Kependudukan Disdukcapil Kolaka Nyoman, Senin (20/3/2017).

Menurutnya, penerbitan Suket Disdukcapil Kolaka sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor: 471.13/10231/Dukcapil tanggal 3 November 2016, tentang Format Surat Keterangan Pengganti e-KTP, dan surat edaran nomor 471.13/2051/DUKCAPIL tanggal 20 Februari 2017 juga disebutkan jika tanggal 8 Februari dan ataupun tanggal 15 Februari 2017 bukan merupakan batas akhir penerbitan Suket pengganti e-KTP.

Hal tersebut kata dia, merupakan sebagai wujud bentuk pemberian pelayanan yang optimal pada masyarakat. Baik pelayanan dari segi keperluan pemilihan kepala daerah, Perbankkan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan, maupun kebutuhan lainnya yang ada di daerah.

”Serta menyikapi keluhan masyarakat kolaka yang sejak tahun lalu, dalam pengurusan e-KTP belum juga ada,” terangnya.

Sebagaimana yang dimaksud dalam surat edaran kata Nyoman, penerbitan suket bakal dilakukan hingga tersedianya blanko e-KTP dari Ditjen Dukcapil.

”Untuk itu saya menghimbau pada seluruh masyarakat Kolaka, agar sekiranya dapat mengetahui jika surat keterangan atau yang akrab disebut Suket, dapat berlaku di mana saja sebelum adanya blangko dalam pembuatan e-KTP,” tutupnya.

Kontributor : Andi Hendra
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY