Kepala Bidang Tanaman Pangan dinas Pertanian dan peternakan, Ngatimo, foto : Israil Yanas
Kepala Bidang Tanaman Pangan dinas Pertanian dan peternakan, Ngatimo, foto : Israil Yanas

Lasusua, Koran Sultra – Untuk meningkatkan hasil pertanian dengan menggunakan Pupuk organik yang murah dan aman, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan, menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik, pelatihan ini dilaksankan di Kantor Desa Rante Limbong Kecamatan Lasusua Kolaka Utara.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Ngatimo,mengatakan pembuatan pupuk organik. Banyak manfaatnya, selain bahan Bakunya banyak, hasilnya berlimpah, dan tidak mengeluarkan banyak dana.
Kata dia, masyarakat petani yang selama ini menggunakan pupuk kimia, bisa mengurangi pemakaiannya, karena pupuk Kimia bisa merusak PH tanah, dengan menggunakan pupuk Organik sebagai pupuk dasar saat penanaman bisa meningkatkan kesuburan tanah persawahan.

“ Masyarakat sudah banyak yang menggunakan Pupuk organik berbahan Kotoran hewan dan pembusukan pada daun dan ranting pohon, hanya belum optimal,” ujar Ngatimo.

Ini juga yang menjadi problem dan keluhan para petani sawah masalah Hama Tikus, para petani sudah melakukan beberapa cara untuk membasmi hama Tikus dengan menggunakan racun pestisida. katanya
Untuk mengurangi hama Tikus yang meresahkan para petani Sawah, Dinas Pertanian dan Peternakan meluncurkan program pengembangan Burung Hantu yang saat ini penangkarannya di Samping Kantor Bupati Kolaka Utara. katanya

Binatang Predator jenis Burung hantu ini, akan dibagikan tahap Awal 10 Desa tahun 2016 ini yang paling diutamakan Desa memiliki Lahan persawahan. Setiap Desanya 1 Burung hantu dan kandangnya. Dan yang perlu dilakukan adalah pemeliharaan dan melatih Burung hantu untuk memangsa hama Tikus. Sehingga hama tikus bisa berkurang. Ujar Ngadimo.

Kontributor : Israil Yanas

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY