Bupati Tinjau PLTH Banjir
Tirawuta, Koran Sultra – Hujan deras yang terjadi pada bulan Maret dan April lalu, mengakibatkan sejumlah titik di wilayah Koltim terjadi banjir bandang. Ada beberapa fasilitas umum menjadi korban hantaman derasnya arus air. Dimulai dari, rumah warga hingga infrastruktur yang dikerjakan tahun lalu menjadi rusak total.
Jika diperkirakan kerugian berkisar miliaran rupiah yang menimpa daerah otonomi baru ini akibat cuaca buruk.

Seperti yang terjadi di Desa Asilui, kecamatan Ueesi Koltim, Bangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro(PLTMH), yang menelan anggaran senilai miliaran rupiah ini, rusak total akibat banjir bandang yang terjadi pekan lalu.

Beruntung, Mesin yang hanya mengandalkan arus air sungai ini, akan segera diperbaiki oleh Pemerintah Daerah Koltim.
Karena saat Bupati dan Sekda Koltim berkunjung ke Ueesi, sejumlah warga mengeluh akan persoalan ini. Tidak tangung tangung, Bupati serta sejumlah pejabat tinggi daerah lainnya langsung meninjau pembangunan Turbin yang hancur lebur akibat hantaman air deras ini.

Bupati Koltim Tony Herbiansyah, berjanji akan segera memperbaiki kembali PLTMH tersebut, sebab kata dia benda tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang sudah puluhan tahun belum pernah menikmati penerangan listrik.
“Kita akan segera perbaiki kembali, karena PLTMH ini sangat besar manfaatnya untuk masyarakat yang berada disekitar sini. Apapun itu, akan kita lakukan demi berfungsinya kembali PLTMH tersebut,”ujar Tony dihadapan warga.

Warga yang mendengar ucapan Bupati ini, senang dan bergembira. Mereka yakin jika mereka akan segera kembali menikmati penerangan listrik seperti dahulu sebelum banjir bandang terjadi.

Kontributor : Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY