Dosen FKM UMI Gelar Revitalisasi Posyandu di Desa Binaannya. Foto: Dok Pribadi

PANGKEP, KORANSULTRA.COM– Dua dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) Makassar menggelar revitalisasi posyandu di Desa Borisallo, Selasa (15/08/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan Wardiah Hamzah, SKM.M.Kes, dan Sartika SKM.M.Kes, di desa binaan UMI. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan pihak puskesmas, tenaga pembina posyandu, bidan desa, dan kader posyandu.

“Kegiatan ini juga dilakukan pemberian makanan tambahan berupa bubur kacang hijau kepada balita,” ucap Sartika.

Dosen FKM UMI Gelar Revitalisasi Posyandu di Desa Binaannya. Foto: Dok Pribadi

Sartika menambahkan, revitalisasi posyandu ini dilakukan agar pelayanan yang diberikan bersifat terpadu dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan keuntungan bagi masyarakat.

Kata dia, posyandu sangat bermanfaat bagi masyarakat namun keberadaannya kurang berjalan dengan baik, oleh karena itu perlu mengadakan revitalisasi.

Revitalisasi posyandu merupakan upaya pemberdayaan posyandu untuk mengurangi dampak dari penurunan status gizi dan kesehatan ibu dan anak.

Dosen FKM UMI Gelar Revitalisasi Posyandu di Desa Binaannya. Foto: Dok Pribadi

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam menunjang upaya mempertahankan dan meningkatkan status gizi serta kesehatan ibu dan anak melalui peningkatan kemampuan kader, manajemen dan fungsi posyandu,” jelasnya.

“Kontribusi posyandu dalam meningkatkan kesehatan bayi dan anak balita sangat besar, namun sampai saat ini kualitas pelayanan posyandu masih perlu ditingkatkan. Keberadaan kader dan sarana yang ada merupakan modal dalam keberlanjutan posyandu, oleh karena itu perlu ditingkatkan,” tutupnya. (CJ)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY