Anggota DPRD kolut, Ansar Ahosa, Foto: Fyan

LASUSUA, KORANSULTRA.COM – Anggota DPRD, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), rencananya akan membangun Sekolah Menengah Atas (SMA)di kecamatan Ngapa, kabupaten Kolut.

Pembangunan sekolah SMA yang direncanakan tahun 2018 mendatang itu, sudah disepakati oleh dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora)Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra)dengan di ACC nya proposal untuk pembangunan sekolah di kecamatan Ngapa.

“Kalau lokasinya sudah ada, diupayakan tahun depan, karena ini sudah disepakati dari pihak provinsi,” kata ketua komisi I anggota DPRD kolut, Ansar Ahosa, Jumat (17/11/2017).

Menurut kader Partai Amanat Nasional (PAN)ini, pembangunan sekolah SMA tersebut, berdasarkan pengalaman yang terjadi dilapangan, yang dimana setiap tahun, sekolah SMA yang berada di kecamatan di Kecamatan Pakue, selalu kelebihan kuota murid saat pendaftaran. Akibatnya, kebanyakan siswa mengganggur ataupun keluar daerah untuk melanjutkan sekolah.

“Saya dan beberapa rekan dari dapil II, sudah lama kami pikirkan untuk mengusulkan membangun sekolah SMA di kecamatan Ngapa, karena beberapa pertimbangan, salah satunya yaitu karena tidaknya adanya sekolah SMA di kecamatan Ngapa, yang dimana, kecamatan tersebut, kecamatan terbesar ke dua di kolut,” jelasnya.

Untuk itu, anggota DPRD kolut yang membidangi pemerintahan desa dan pendidikan ini berharap, dengan adanya rencana pembangunan sekolah SMA di kecamatan Ngapa, nantinya murid yang lulus dari SMP ataupun di MTS, yang ingin nelanjutkan sekolah di SMA, tidak lagi pergi ditempat yang jauh, ataupun menganggur.

“Kalau sekolah nanti ini terbangun di kecamatan Ngapa, berarti dapat meminimalisir pengeluaran orang tua siswa, yang harus mengeluarkan biaya lebih untuk anak mereka yang sekolah diluar daerah,” harapnya.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY