Anoa Islan Konferensi Pers di Salah Satu Warkop di sekitaran MTQ (Foto/Dadang Purnoto)

KENDARI, KORANSULTRA.COM – Sebagai tokoh masyarakat di Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi sangat mendukung kreatifitas generasi muda apalagi dalam menumbuhkembangkan kearifan lokal yang ada. Ditambah dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, kebudayaan seakan hilang dari kehidupan masyarakat.

Menurut Ali Mazi, dirinya tidak bermaksud dalam merangkul generasi untuk mencari dukungan dalam pertarungan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) nanti.

Akan tetapi, baginya sebagai mantan Gubernur Sultra wajib untuk memberikan dukungan dalam pemeliharaan kekayaan kebudayaan.

“Saya sangat mendukung dengan adanya peluncuran Album Anoa Island. Dalam artian, mereka menghidupkan lagi suasana lagu daerah yang merupakan salah satu kearifan lokal yang harus dijaga dan dikembangkan,” kata Ali Mazi saat dihubungi melalui Handphone seluler, Selasa (21/11/2017) malam.

Kata Ali Mazi, lagu daerah tersebut merupakan salah satu warisan dari leluhur terdahulu. Bagaimana generasi bisa menjaganya dengan baik?. Tentunya generasi muda yang berperan dalam pengembangannya dan hal tersebut harus didukung.

“Saya juga berharap pada generasi muda harus terus berkreatifitas dalam berkarya mengembangkan ide hingga gagasan dalam menghidupkan kembali lagu – lagu daerah,” harap Ali Mazi yang juga sebagai Calon Gubernur (Cagub) Sultra itu.

Ditempat yang sama, Produser Anoa Island, Arya Yudha mengatakan, lagu yang akan dibawakan semuanya merupakan lagu khas daerah tolaki. Akan tetapi lagu daerah tersebut sudah diaransemen menjadi lagu modern tanpa menghilangkan maknanya.

“Lagu yang kita pilih sudah melalui tahap seleksi. Kami juga banyak melibatkan dari berbagai pihak yang berkompoten diantaranya Lembaga Adat Tolaki (LAT), bapak Mansyurmasi Abunawas dan beliau merestui dalam peluncuran maupun hasil Aransemen yang kami bawakan pada 25 November 2017 nantinya,” Pungkas Arya Yudha.

Kontributor : Dadang Purnoto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY