Tirawuta, Koran Sultra- Kabut asap mulai menyelimuti Empat Kecamatan di Koltim,BPBD setempat belum mengeluarkan status darurat kabut asap, atau pun mengimbau warga mengurangi kegiatan di luar rumah. Kalaupun keluar rumah, sebaiknya menggunakan masker.

Dua minggu terakhir ini, kabut asap mulai mengganggu jarak pandang di empat wilayah kecamatan di koltim yakni, Kecamatan Mowewe, Lalolae, Tinondo dan Tirawuta . Mowewe dan Lalolae menjadi salah satu daerah yang terkena kabut asap, setelah terdeteksi beberapa titik panas pembakaran hutan di Sultra.

Hasil pantauan Koran Sultra, kabut asap juga terjadi di Kecamatan Lambandia dan Aere. Dua daerah itu merupakan daerah ujung perbatasan di Koltim yang juga terkena kabut asap.

“Kabut asap melanda wilayah Koltim merupakan imbas dari pembakaran hutan yang berada di kecamatan Mowewe, Lalolae dan sekitarnya dengan motif perluasan lokasi kebun pribadi,”ujar Harlin ketua Lsm Pemantauan Lingkungan Sultra.

Guna mengantisipasi dampak kabut asap, kata dia pihak pemerintah daerah seharusnya mengimbau warga untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan menekan pihak Dinas Kehutanan agar pro aktif dalam menjaga hutan Koltim, serta Menyampaikan BPBD untuk membagikan masker ke warga demi mengantisipasi penyakit ISPA yang di akibatkan oleh Kabut asap,” pungkasnya.

Kontributor : Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY