Beberapa staf Dikdukcapil Koltim saat melakukan pemberkasan, Jumat (28/4) Foto: Dekri
Beberapa staf Dikdukcapil Koltim saat melakukan pemberkasan, Jumat (28/4) Foto: Dekri

TIRAWUTA, KORAN SULTRA– Meskipun blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sudah ada, namun pihak Dinas Kependuduka dan Catatan Sipil (Dikdukcapil) Kolaka Timur (Koltim), belum bisa melakukan percetakan e-KTP. Hal ini disebabkan koneksi jaringan internet Dirjen Dikdukcapil bermasalah.

Kepala Dikdukcapil Koltim Anwar Hamzah, mengatakan, saat ini pihak Dikdukcapil Koltim belum dapat melaksanakan percetakan e-KTP, hal itu disebabkan adanya ganguan pada jaringan internet milik pusat.

“Jaringan internet tidak terkoneksi dengan baik. Kami sudah disampaikan pada Dirjen Dukcapil lewat akun WhatSapp dirjen dengan kadis Dukcapil se Indonesia,” kata Anwar Hamzah, Jumat (28/4).

Untuk itu kata Anwar, solusi yang diberikan pada masyarakat yang membutuhkan e-ktp, dapat diberikan surat keterangan pengganti KTP yaitu Suket.

“Untuk sementara saja, karena masyarakat juga membutuhkan, utamanya dalam pengurusan lamaran pekerjaan, pernikahan, kematian dan lain lain, kami buatkan Suket,” ujarnya.

Suket ini kata Anwar, dapat dipergunakan untuk apapun, dalam kelengkapan berkas persyaratan.

Saat ini sedikitnya lanjut Anwar, ada sekitar 6000 blangko e-KTP yang sudah siap di Dukcapil Koltim, untuk dipergunakan dalam mencetak e-KTP masyarakat Koltim.

“Kemarin kami sebenarnya meminta 3000 blangko e-KTP pada Dirjen Dukcapil, namun kami diberikan sebanyak 6000 blangko. Sebab, kami kembali usulkan untuk tambahan blangko,” tambah Anwar Hamzah.

Kata Anwar, hanya e-KTP saja yang belum dapat dicetak namun, seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran sudah dapat dicetak, karena kedua dokumen negara itu tidak dicetak melalui koneksi jaringan internet.

“Seperti Kartu Keluarga dengan Akta Kelahiran, tidak ada kendala,” tuturnya.

Kontributor : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY