Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata didampingi oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba tiba di Bandara Sugi Manuru menggunakan Pesawat ATR 72600 milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia mendarat perdana di Bandara Sugimanuru Kabupaten Muna, Propinsi Sulawesi Tenggara

Raha, Koran Sultra – Pesawat ATR 72600 milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia mendarat perdana di Bandara Sugimanuru Kabupaten Muna, Propinsi Sulawesi Tenggara.

Pesawat dengan nomor penerbangan GA 7832 mendarat mulus setelah menempuh perjalanan dari Kota Makassar selama kurang lebih sejam lamanya, Dalam penerbangan ini pesawat tersebut mengangkut rombongan dari tim garuda dan Plt Gubernur Sultra H.M. Saleh Lasata.

Kehadiran Garuda Indonesia di Muna merupakan kerja keras Bupati Muna LM. Rusman Emba yang terus membangun komunikasi dengan pihak maskapai sebagaimana diketahui Tidak mudah meminta garuda masuk dalam suatu daerah melainkan dengan syarat yang cukup ketat. Pihak garuda harus benar-benar yakin dengan kelengkapan persyaratan yang diminta, Baik dari fasilitas bandara maupun keamanannya. Bupati Muna berhasil meyakinkan itu.

Plt. Gubernur Sultra H.M. Saleh merasakan suasana kebatinan yang cukup dalam. Dari langit bandara Sugimanuru ia menitikkan rasa haru ketika melihat dari kabin pesawat bahwa Muna akan didarati sebuah maskapai dengan predikat bintang lima. Mantan Bupati Muna ini tak menyangka bandara ini bisa didarati maskapai penerbangan sekelas Garuda Indonesia. Karena menurutnya tidak mudah memutuskan membuka rute pada suatu daerah tanpa pertimbangan yang kuat. Garuda punya standar kelayakan tersendiri.

“ Berurusan dengan garuda ini bukan perkara mudah. Maskapai ini bukan pelit membuka rute, tapi harus memenuhi standar operasional yang layak” katanya.

Rasa haru itu memuncak ketika pendamping Nur Alam ini didaulat sebagai orang yang pertama menggunakan maskapai garuda untuk mendarat perdana di Bandara Sugimanuru. Kejadian ini memicu kenangan ketika dirinya menjadi pemimpin di tanah sowite. Saat itu Saleh Lasata juga menjemput Gubernur senior Laode Kaimuddin ditempat yang sama ketika pendaratan pertama kali pesawat di Sugumanuru.

Direktur Marketing dan Tekhnologi Informasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Nina Sulistyowari mengakui pihaknya cukup selektif dalam mengambil keputusan. “ Ini disebabkan banyaknya permintaan yang masuk dimeja perusahaan. Terkait dengan pendaratan perdana ini, pihak garuda sudah melalui kajian yang cukup matang. Dengan kata lain garuda menilai dari sisi potensi perkembangan kedepan cukup positif. Garuda juga merupakan agen development pemerintah” jelasnya.

“Kalau biasanya kalau garuda penerbangan nasional sudah masuk disuatu daerah itu akan memancing yang lainnya untuk juga aktif di Muna. Dan kita berharap untuk kedepannya akan bisa terus berkembang lebih positif lagi,” kata Nina Sulistyowari ketika memberikan keterangan saat press conference di Bandara Sugimanuru, Senin (17/7/2017).

Rusman Emba mengaku bahagia karena hasil kerjanya menampakkan hasil. Perjalanan panjang dalam setahun ini ujungnya sudah nampak dipelupuk mata. Bupati terus membina komunikasi yang intens. Dan hasilnya pesawat yang dinanti sudah mendarat di Bandara kebanggaan masyarakat Muna. Mantan senator DPD RI ini mengungkap bahwa pada saat yang sama juga daerah lain minta didarati garuda namun Muna mendapat prioritas, tuturnya

Kontributo :Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY