Korem3
Buton, Koran Sultra – Desa Holimombo, Desa Koholimombona dan Desa Bajo Bahari Kecamatan Wabula Kabupaten Buton merupakan daerah pesisir kepulauan dan terpencil yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Akibatnya kondisi sosial ekonomi maupun infrastrukturnya sangat terbatas, termasuk taraf pendidikan masyarakatnya pun sangat rendah. Ini dapat dilihat dengan pada umumnya masyarakat di desa itu belum bisa baca tulis (buta aksara).

Melihat kondisi tersebut, sekaligus melaksanakan perintah Pangdam VII/Wirabuana (sekarang Kodam XIV/Hasanuddin) Mayjen TNI Agus SB setahun yang lalu, agar seluruh Satuan, terutama Kodim, Koramil melalui Babinsa mendirikan rumah baca serta perpustakaan keliling dalam rangka membantu Pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam mengentaskan masalah buta aksara di daerah, seorang Babinsa atas nama Kopka Sutardi NRP 31960260520876 dengan bersinergi bersama Babinkamtibmas dan aparat desa setempat berhasil mendirikan rumah baca dan perpustakaan keliling serta menggiatkan warganya untuk belajar membaca dan menulis.
Korem2
Hasilnya dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun mampu mengurangi tingkat buta aksara penduduk setempat dari 90 % menjadi 55 %. Sebagai penghargaan atas prestasi dibidang pendidikan yang dilakukan seorang Babinsa berpangkat Kopral Kepala tersebut, diundang makan siang bersama Bapak Presiden RI Joko Widodo di istana negara, Jakarta pada tanggal 2 Mei 2017 dalam rangka upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional, dengan tema “Percepat Pendidikan Yang Merata dan Berkualitas”.
Korem 1
Dedikasi, kreatifitas dan ketangguhan melintasi beberapa pulau, anggota Koramil Pasar Wajo Kodim 1413/Buton itu, tidak hanya mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat, tetapi juga mendapatkan tempat dihati masyarakat di ketiga perkampungan tersebut, dan mendapatkan banyak pujian dari para petinggi Pemerintah Kabupaten Buton dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara serta Dinas terkait.
(PNR-143/Red****)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY