Salah satu Petani di Koltim Foto: Dekri

TIRAWUTA, KORAN SULTRA– Hebat! Hasil produksi padi para petani sawah di Desa Andowengga, Kecamatan Poli-Polia, Kolaka Timur (Koltim), mencapai 8 hingga 9 ton perhektar. Hal itu diungkapkan Camat Poli -Polia yang juga Pj Kades Andowengga, Akkas G, pada saat pertemuan beberapa waktu yang lalu.

Dihadapan masyarakat Desa Andowengga, Akkas G berharap agar seluruh masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan, serta tetap menjaga tali silaturahmi antar sesama warga.

“Mari kita bersama sama membangun desa kita tercinta, khususnya disektor pertanian dan perkebunan. Karena sektor persawahan di Desa Andowengga saat ini telah mencapai 400 HA sawah, dan merupakan potensi Desa yang sangat besar,” harapnya.

Akkas G menambahkan, untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di Desa Andowengga, maka perlu dilakukan Intensifikasi. Yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa memperluas lahan pertanian yang telah ada. Upaya intensifikasi dilakukan dengan cara penggunaan pupuk, bibit unggul, pengairan dan pemeliharaan.

“Saat ini pemerintah sedang membangun bendungan Ladongi, yang merupakan salah satu mega Proyek di Sultra. dan kalau itu selesai, akan mampu mengairi Ribuan hektar Daerah persawan yang ada di Koltim, serta akan dapat menambah hasil produktifitas para petani,” ungkap Akas G.

Kontributor : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY