kepala dinas peternakan kabupaten konawe,Jumrin,STP

UNAAHA, KORANSULTRA.COM – Menjelang lebaran idul adha september 2017 mendatang untuk stok hewan qurban dikabupaten konawe cukup memadai.

Untuk hewan qurban kabupaten konawe menyiapkan kurang lebih 600 ekor sapi dan 300 ekor untuk kambing.

Sementara itu untuk kesehatan hewan qurban menurut kepala dinas peternakan kabupaten konawe,Jumrin,STP sampai saat ini dalam kondisi aman bahkan pihak dinas peternakan menurunkan tim pengawas hewan qurban sekitar 60 orang.

“Setiap bulan kami adakan imunisasi bahkan kalau masih ada anggaran kami tetap melakukan kegiatan tersebut.”ujarnya.

Ketika ditanyai terkait sapi potong yang diimpor dari luar daerah kabupaten konawe dirinya menyampaikan untuk itu tidak ada.

“Bahkan kita yang ekspor keluar daerah jadi kalau kita sembelih sekitar 300 ekor,sebahagian keluar bahkan lebih banyak yang kita kirim keluar.”jelasnya.

Sementara itu hal senada diungkapkan Drh.Husniyati.MP untuk hewan qurban dikabupaten Konawe aman dari penyakit.

Menurutnya penyakit hewan qurban terutama sapi rentan terkena penyakit berupa antraks dan cacingan akan tetapi dikabupaten Konawe belum teridikasi terkena penyakit tersebut kendati demikian pihak dinas peternakan tetap waspada untuk itu tim pemantau hewan qurban akan diturunkan saat menjelang dan sesudah lebaran idul adha nanti.

“Tim pemantau terhadap hewan qurban nantinya akan melakukan prosedur qurban yakni melakukan pemeriksaan antomortem serta posmortem,”ujarnya.

Kontributor : Nasruddin
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY