Ketua Lsm Lembaga Pemerhati Hukum dan Hak Asasi Manusia (LPH - HAM)  Zackyman SH
Ketua Lsm Lembaga Pemerhati Hukum dan Hak Asasi Manusia (LPH – HAM) Zackyman SH

Kolaka,koransultra.com – Nasib sial yang ditimpa Nurdin Daga, warga asal Kolaka Kabupaten Kolaka Sutra, kena tipu. Nurdin ditipu oleh salah seorang oknum Pegawai Negri Sipil (PNS) dengan jabatan Kepala Dinas Perhubungan dilingkup Pemerintah Daerah Kolaka.

Dari keterangan Pendamping hukum (PH) Nurdin, Zackyman SH. Dugaan penipuan dan pemerasan yang dilakukan Kadis Perhubungan Kolaka Bakri Balusu itu, terjadi pada 2012 lalu.

Dengan iming iming, korban (Nurdin red) bakal diberikan proyek pekerjaan tahun 2012 lalu pada Bakri Balusu. Dengan syarat, korban terlebih dahulu memberikan dana pelicin guna untuk kepentingan Pilkada lalu. Percaya janji dari Kadis Perhubungan ini, Nurdin akhirnya memberikan dana senila puluhan juta pada Bakri Balusu, namun sayangnya satupun paket pekerjaan hingga kini tidak diberikan pada Nurdin.

Pengakuan Nurdin pada PHnya Zackyman, sebanyak Rp, 33 juta uang Nurdin raib ditangan Bakri. ”Klaiyen saya menyetor dana tersebut, sebanyak sebelas kali pada Bakri Balusu. Dan hal itu adalah pemerasan. Alasan Bakri terhadap klaiyen saya dana tersebut bakal digunakan untuk sumbangan pada calon bupati Kolaka lalu,” ujar Zackyman Selasa (01/11).

Kata Ketua Lsm Lembaga Pemerhati Hukum dan Hak Asasi Manusia (LPH – HAM) itu, tawaran proyek yang dilakukan oleh Bakri Balusu tersebut merupakan modus belaka. Padahal Sebelumnya kata Zackyman, pihaknya sudah pernah melayangkan surat peringatan terhadap Bahri Balusu Agustus lalu, yang dititip langsung pada Sekretaris Dinas (Sekdis) Perhubungan Kolaka, dengan harpan surat peringatan tersebut dapat diberikan pada Kadis Bakri Balusu. Namun sayangnya, surat Peringatan tersebut justru tidak diberikan ke Kadisnya. Sehingga surat peringatan tersebut dianggap Reaction Zero atau tanpa tanggapan.

Zackyman ancam bakal melaporkan hal tersebut pada Kejaksaan Negeri Kolaka, jika Kadis tersebut tidak melakukan klarifikasi secepatnya pada Nurdin Danga.”harusnya dia sadar, dan tanggung jawab. Sebelum kasus ini kami larikan ke Kejaksaan Sebagai Laporan Yang klasifikasinya Korupsi,” ancam Zackyman.

Kontributor : Anto/ Dek
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY