Wakatobi, Koran Sultra – Letak Puncak Toliamba, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, yang tepat berada di puncak Desa Waginopo menyajikan pemandangan yang indah menjadi salah satu alternatif tempat hangout bagi anak muda atau keluarga di Wakatobi. Puncak ini menjadi favorit yang dikunjungi masyarakat Wakatobi dan sekitarnya.

Wa Ode Nurmila, S. Pd (32), seorang warga Kabupaten Wakatobi, Kecamatan Wangi – Wangi Selatan, Kelurahan Mandati 3, mengaku kerap datang ke Puncak Toliamba bersama keluarga setiap weekend.
“Biasa sore-sore di hari Sabtu atau Minggu, kadang saya bersama suami dan anak-anak datang ke sini untuk refreshing ke sini,” kata Wa Ode Nurmila, S.Pd, Selasa (23/05).

“Tempatnya bagus dan anak-anak suka di sini karena pemandangannya langsung menghadap ke laut, ketika berada diatas puncak toliamba kita bisa langsung melihat pemandangan hutan hijau yang masih asri dan enak dipandang mata, hamparan laut biru yang mengelilingi pulau wangi-wangi dan pulau kapota.” ucap Wa Ode Nurmila, S.Pd.
Puncak Toliamba terletak di Desa Waginopo, Kecamatan Wangi – Wangi, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dari atas puncak ini juga, pengunjung bisa melihat pemadangan Pulau Kapota dan Pulau Buton (Lasalimu).
Di atas Puncak Toliamba, ada beberapa pedagang yang menjual gorengan dan minuman hangat dengan harga yang terjangkau. Mereka juga menyediakan meja dan kursi plastik yang terjejer rapi untuk duduk-duduk di sore hari.
La Ode Ardin (20), warga Kelurahan Mandati 3, Kecamatan Wangi – Wangi Selatan, mengaku juga biasa mengunjungi Puncak Toliamba bersama teman-teman dari kampusnya.

“Di puncak ini bagus pemandangannya. Saya dan teman-teman kampus jadikan puncak ini sebagai tempat nongkrongan di hari sabtu atau minggu sore. Dari sini justru terlihat jelas sinar matahari yang tenggelam,” ucap dia.

Menurut La Ode Ardin, dia bersama teman-temannya kadang sampai lupa waktu kalau sudah datang ke Puncak Toliamba ini. Keindahan sunset dan juga semilir angin laut membuat dia bersama teman temannya betah untuk duduk berlama-lama.

“Kami kalau sudah datang ke tempat ini, kadang sampai lupa waktu. Tidak sadar ternyata sudah malam,” tutur dia.

Puncak Toliamba Wakatobi dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Wakatobi di tahun 2014 untuk menambah tempat wisata yang menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Kabupaten Wakatobi.

Kontributor : Surfianto SH
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY