Dosen Kebidanan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia, Nurhayati Ahmad, S.ST., M.Kes

MAKASSAR, KORANSULTRA.COM – Kehamilan merupakan hal yang paling didambakan bagi pasangan suami istri (pasutri). Namun tak jarang pasutri mengalami kesulitan untuk mendapatkan momongan.

Ada beberapa masalah umum yang paling sering menjadi penghambat pada proses kehamilan. Berikut penjelasan

Nurhayati Ahmad, S.ST., M.Kes dosen Kebidanan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI).

1. Faktor Stres: Kondisi pada wanita yang mengalami stres sangat berpengaruh karena bisa membuat ovulasi atau waktu masa suburnya menjadi berkurang bahkan tiba-tiba berhenti.

2. Faktor ekonomi: Apabila wanita tertekan dalam segi ekonomi, otomatis akan mengganggu pikirannnya dan akan mengakibatkan hormon yang berkaitan dengan reproduksinya terganggu.

3. Faktor Lingkungan: Ini sangat berperan dalam proses kehamilan karena jika terpapar pada lingkungan yang tidak sehat akan membuat wanita terganggu pada wilayah psikologisnya.

4. Faktor Suami: Suami sangat berpengaruh dalam proses kehamilan karena dukungan dari suami bisa membantu memotivasi seorang wanita agar bisa hamil.

Empat faktor diatas merupakan hal paling mendasar yang menjadi penghambat wanita sulit hamil. Selain itu, ia juga menganjurkan seorang ibu wajib mengkonsumsi makanan yang bergizi dan melakukan hubungan seksual pada masa subur minimal 3 kali sehari agar bisa melancarkan proses kehamilan.(CJ Makasar)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY