Kepala Dikbud Muna, La Ege
Kepala Dikbud Muna, La Ege

Raha, Koran Sultra – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna mengharapkan Seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) se-Kabupaten Muna dapat memegang teguh fakta integritas dalam menjaga komitmen kelancaran proses pelaksanaan Ujian Nasional (UN) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dilaksanakan pada hari Selasa (2/5).

Naskah ujian nasional yang tiba di Kantor Dikbud, kamis (27/4) yang dikawal secara ketat oleh pihak Kepolisian Polres Muna hingga pengawas ujian nasional dari provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dikbud Muna, La Ege menjelaskan kalau pendistribusiannya masih tetap dalam pengawalan kepolisian, baik dari dikbud provinsi maupun tiba di kabupaten.

“Untuk naskahnya, kebetulan para kepala sekolah sudah menjemput sendiri di dikbud, yah kami serahkan langsung ke mereka (kepala Sekolah,red). Dan untuk kepala sekolahnya yang belum ada, naskahnya akan kami amankan ditempat yang lebih aman. Nanti mereka ada baru kami serahkan” Ungkapnya. Jumat (28/4).

Sementara Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP, La Ane, menambahkan pendistribusian UN mengaju pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) soal didiskusikan pada satuan pendidikan (Dikbud) selanjutnya kepala sekolah mengambil naskahnya.

“Pihak kepala sekolah membentuk kepanitian menjaga naskah UN, yang berbeda dengan tahun sebelumnya naskah UN diserahkan di Polres Muna selanjutnya kepala sekolah mengambilnya.”jelas La Ane.

Dalam kepercayaan yang diberikan pada kepala sekolah termuat dalam berita acara fakta integritas yang menjadi komitmen kepala sekolah menjaga hingga menyukseskan pelaksanaan UN.

“Dalam fakta integritas kepala sekolah tidak boleh membocorkan naskah UN hingga membantu siswa, ketika kepala sekolah tidak memindahkan hal itu akan diberi sanksi”tambahnya.

Ketika UN telah selesai, naskah langsung disegel dalam ruang ujian tanpa harus dsimpan dalam ruangan kelas hingga dibermalamkan.

“Pengawasan pelaksanaan UN dibagi beberapa titik wilayah diantaranya wilayah 1, 2, 3 hingga wilayah 4, masing-masing diawasi setiap kabid” katanya.

Untuk diketahui pendistribusian naskah UN yang diterima oleh pihak Dikbud Muna sebanyak 92 dos sementara 1 dosnya diamankan di ruangan kepala dinas dalam mengantisipasi siswa yang berhalangan mengikuti UN.

Kontributor : Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY