Suasana Pengajian Para santri Pesantren Al-Bukhari Wesalo Foto: Dekri
Suasana Pengajian Para santri Pesantren Al-Bukhari Wesalo Foto: Dekri

Tirawuta, Koran Sultra- Setiap pondok pesantren punya kegiatan masing-masing saat menghadapi Bulan Suci Ramadhan. Begitu juga para santri Pesantren Al-Bukhari yang berada di Desa Wesalo Kecamatan Lalolae Kolaka Timur (Koltim), saat dikunjungi Media ini para santri terlihat sedang melangsungkan kegiatan mereka.

Terlihat sejumlah santri sedang membaca Qur’an. Selain itu, mereka juga diberikan tugas wajib dari pembimbing mereka yakni menghafal Sejara nabi, Aqidah, Hadis, Fiki dan Tafsir.

Tugas menghafal Sejarah nabi, para santri ini dituntut untuk mengetahui awal perjalanan nabi, kehidupan para nabi zaman dulu, hingga mengetahui jumlah keseluruhan nabi. menghafal sejarah nabi tentu saja tidak mudah, namun tugas tersebut adalah tugas wajib yang diberikan pembimbing di Pesantren Al-Bukhari di wesalo. Selain menghafal materi yang diberikan pembimbing, santri ini juga diwajibkan untuk melaksanakan shalat 5 waktu, shalat tahajud, mengaji, hingga cerama di masjid.

Ustadz Usman Amin mengatakan, Para santri di pesantren tersebut telah diberikan beberapa tugas selama bulan suci ramadhan ini, tugas diberikan kata Ustadz tersebut, merupakan tugas yang sangat bermanfaat, Selain Bermanfaat bagi santri itu sendiri, juga dapat menghasilkan pahala untuk mereka sendiri.

“Sangat besar pahalanya. Jika kita mengisi kegiatan dibulan suci ramadhan ini dengan melaksanakan sholat, mengaji, dan ceramah,”ujar Ustadz Usman yang ditemui di pesantren tersebut.

Kata Pimpinan pesantren Al-Bukhari ini, para santri di pesantren tersebut sudah dibimbing religiusnya. Sehingga meskipun bukan Bulan suci ramadhan santri tetap melaksanakan kegiatan demikian. ”Meski bukan di Bulan Suci Ramadhan, Santri kami tetap melaksanakan shalat 5 waktu, mengaji dan Ceramah,”ungkapnya.

Para Santri di Pesantren kami Lanjut Ustadz Usman, Memiliki jadwal cerama dan mengaji, dan sudah dibagikan pada masing-masing santri jadwalnya.

Kontributor : Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY