Kondisi medan jalan di Jalur Poros Mataiiwoi ini cukup parah, berlubang – lubang dan berlumpur.

Unaaha, Koran Sultra – Akses Jalan Poros Tongauna – Abuki, Kabupaten Konawe Propinsi Sulawesi Tenggara pada beberapa titik ruas jalan rusak parah.

Kondisi medan jalan yang mengalami kerusakan cukup parah berada dijalur poros kelurahan mataiwoi, sekitar 500 meter jalannya rusak.

Jalan dilokasi ini berlubang dan berlumpur, tak tanggung – tanggung lubang jalan di daerah ini cukup dalam dan sulit dilalui pengendara baik itu roda dua maupun roda empat.

Dan yang lebih mengkhawatirkan, para pengguna jalan yang coba menghindari jalan yang berlubang – lubang ini terpaksa nekad menerobos lajur kanan yang terpisah dengan pembatas trotoar jalan meski dengan resiko kecelakan yang cukup tinggi.

Bertahun – tahun sudah masyarakat didaerah ini yang menggunakan akses jalan satu – satunya penghubung antara ibukota Kabupaten Konawe (unaaha) dan Kecamatan Abuki terpaksa rela berjibaku dengan medan jalan yang cukup parah.

Dan ironisnya, warga setempat bahkan sudah tidak mengingat kapan terakhir kalinya jalan ini dibenahi oleh Pemerintah

“ saya sudah lupa mi kapan bagusnya itu jalan, seingat saya sudah bertahun – tahun begitu saja kondisinya” ujar nanang warga sekitar, rabu 28/06.

Dikatakannya, jika hendak menempuh jalur tersebut dirinya lebih memilih menggunakan kendaraan roda dua ketimbang mobil miliknya “ lebih baik saya naik motor kalau malu lewat jalan itu, dari pada mau pake mobil rusak sekali jalannya sakit kita punya badan lewat disitu” katanya.

Pengguna jalan lainnya menuturkan bahwa kerusakan jalan didaerah ini sudah sering dibahas di DPRD namun ini merupakan wewenang Propinsi, “saya sudah sering dengan soal jalan ini dibahas di DPRD tetapi belum ada juga realisasinya, soalnya katanya itu kerjaannya Pmerintah Propinsi” ujar Jum ada Koran Sultra.

Awak media ini saat melintasi jalur tersebut saat hendak berziarah ke makam keluarga merasakan buruknya kondisi medan jalan yang juga dilalu saat hendak ke Taman Makam Pahlawan “ saya besok – besok kalau mau ziarah makam orang tua lebih baik naik motor, kalau tau seperti ini kondisinya. Mobilku saja bunyi2 bagian bawahnya saking dalamnnya itu lubang – lubang yang hampir memenuhi medan jalan” ujar Jurnalis Koran Sultra.

Tak hanya itu, seorang warga Konawe yang hendak membesuk keluarganya di Rutan II b Unaaha juga mengeluhkan kondisi jalan yang cukup parah ini “ jelek sekali jalannya, kita mau menghindari lumpur saja susah soalnya dimana – mana ada berlubang dan berlumpur “ ujar pengendara roda dua ini.
“ kami berharaplah ada perhatian pemerintah atas kondisi medan jalan yang cukup memprihatinkan ini” sambungnya.

Kontributor : Nasruddin
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY