Simulasi Pengamanan Pilkada yang digelar Oleh Polres Kolaka Utara, foto : Israil Yanas
Simulasi Pengamanan Pilkada yang digelar Oleh Polres Kolaka Utara, foto : Israil Yanas

Lasusua, Koran Sultra – Personil Polres bersama Brimob Lasusua Kabupaten Kolaka Utara Propinsi Sulawesi Tenggara menggelar simulasi pengamanan konflik dan pengendalian Massa brutal yang akan menyerang Kantor KPUD. Dalam simulasi ini juga dilakukan strategi penyelamatan massa yang menjadi korban. Simulasi ini dilaksanakan di lapangan aspirasi Kantor Bupati diDesa Ponggiha Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara Provensi Sulawesi Tenggara. Kamis (20/10).

Awalnya massa melakukan demo damai di Tempat Pemungutan suara (TPS) dengan mencurigai salah satu oknum PPS melakukan kecurangan dalam pemilihan Balon Bupati, karena tidak puas, massa mendatangi Kantor KPU yang dijaga ketat personil Polisi PHH, karena polisi PHH tidak mampu menahahan kebrutalan massa, personil Brimob mengambil alih untuk menghalau massa yang meringset masuk ke kantor KPU.
Massa semakin brutal dengan melemparkan botol air mineral ke aparat, aparatpun membalas dengan menembakkan gas air mata ke kerumunan massa, sehingga massa mencari perlindungan. Dengan dibantu mobil woter canon yang menyemprotkan air, namun ada beberapa massa dengan nekat menghalau dan melempar mobil woter canon tersebut karena semprotan air yang kenang membuat massa mundur dan membakar ban.

Pasukan gerak cepat yang menggunakan kendaraan roda dua dengan peralatan senjata lengkap menghalau massa, karena massa semakin brutal terpaksa dua massa dilumpuhkan dibagian punggung dan betis. Korbanpun terjatuh dan dievakuasi oleh tim PHH dengan mobil Ambulance dan dilarikan kerumah sakit.
Selain Kapolres Kolut Eko Juli Prihartono, turut hadir Calon Bupati Kolut Nurrahman-H.Abbas, dan Calon Wakil Bupati H. Maksum Ramli. TNI dan undangan lainnya.

Usai Simulasi aparat Polres Kolut, Brimob. TNI bersama Pol PP melakukan konvoi kendaraan keliling Kota Lasusua untuk menunjukkan kekuatan Pasukan (Show Force).

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY