Laworo, Koran Sultra – Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Menyambut bulan Suci Ramadhan, warga mulai antusias melakukan ziara atau pembersihan kubur. Ini nampak di sejumlah lokasi pekuburan yang ada di Kabupaten Muna Barat (Mubar). “Kegiatan ziarah, yakni pembersihan kubur jelang bulan Suci Ramdhan merupakan keharusan (Sunah Rosul) yang harus dijalankan. Ini juga, selain menjaga kebersihan kubur pada sanak keluarga (family) kita, Juga, ziara kubur merupakan hal penting dalam hidup, yang mengingatkan kita pada kematian,” Ucap salah seorang warga, Laode Ali (25), saat ditemui awak media ini, kemarin.

Lanjut Ia mengatakan, menyambut bulan Suci Ramadhan, saat ini umat muslim telah sibuk, diantaranya kegiatan ziarah kubur, termasuk persiapan memasuki bulan Suci Ramadhan. “Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang penuh Rahmat atau berkah. Waktu ini (bulan Ramadhan, red) merupakan momentum bagi Kita (Umat Muslim) melakukan intropeksi diri, hingga lebih meningkatkan nilai- nilai keimanan dan ketakwaan kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT,” Ungkapnya.

Ia menambahkan, melalui bulan Suci Ramadhan, dapat memberi spirit yakni, selain lebih meningkatkan niiai- nilai ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT, juga dapat memperkuat hubungan atau tali silaturrahim, terutama antara sesama umat muslim.

Kontributor : Ronas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY