Jembatan Lawada Jaya, yang terancam roboh, di Kecamatan Saweragadi,Mubar. (F.Ronas)

Laworo, Koran Sultra – Kondisi jembatan yang merupakan akses utama transportasi Masyarakat, yakni penghubung ruas jalan poros Lakalamba- Lawada Jaya, Kecamatan Sawergadi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), kini cukup memprihatinkan. Betapa tidak, jembatan yang terbuat atau berlantaikan pohon kelapa itu, terancam amblas atau roboh (jatuh). Hal ini diakui salah seorang warga, yang enggan disebutkan namanya kepada Koran Sultra, baru- baru ini. “Memang kondisi jembatan Lawada Jaya ini, saat ini cukup memprihatinkan. Sebab, sebagian lantai jembatan yang dibuat atau bersumber dari pohon kelapa telah lapuk dan patah, hingga jatuh (roboh),” Ungkapnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, jembatan yang merupakan akses utama transportasi Masyarakat dari bagian Desa Lawada Jaya menuju arah bagian Lakalamba tersebut, telah sejak lama kondisi rusak atau memprihatinkan, namun hingga saat ini belum dilakukan perbaikan.

Atas kondisi itu, Ia berharap agar kondisi jembatan tersebut, mendapat perhatian serius dari pihak Pemerintah daerah (Pemda) setempat agar dilakukan perbaikan. Untuk menghindari kemungkinan buruk terjadi, yakni terjadi kerusakan parah atau roboh secara keseluruhan.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Muna Barat, Karimin, saat dikonfirmasi Koran Sultra mengatakan, pihaknya akan langsung melakukan penanganan (perbaikan), jika jembatan Lawada Jaya tersebut, telah kondisi darurat (rusak parah) tidak dapat dilintasi atau dilalui kendaraan, baik itu kendaraan roda dua, maupun roda empat (mobil). “Ya, memang untuk perbaikan jembatan di Lawada Jaya, akan dilaksanakan di tahun 2017 ini, dengan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). Tapi kalau kondisinya sudah darurat (rusak parah) langsung dilakukan penanganan secepatnya,” Pungkasnya.

Kontributor : Ronas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY