Direktur PDAM Kolaka , Achmad Peokan
Direktur PDAM Kolaka , Achmad Peokan

Kolaka, KoranSultra.com– Ini merupakan kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Kolaka, khususnya bagi keluarga tak mampu di daerah itu. Apa sebab? Pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kolaka mengumumkan, tahun depan (2017) instalasi air bersih di rumah keluarga miskin dikenakan tanpa biaya alias gratis.

PDAM Kolaka sendiri menyiapkan 3000 sambungan baru secara gratis bagi warga kurang mampu, melalui program bantuan hibah air minum masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Hal itu diungkapkan Direktur PDAM Kolaka , Achmad Peokan, di ruang kerjanya, Jumat (14/9).

Dikatakan Peokang, program 3000 sambungan baru gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah ini, merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui dana hibah APBN.

Menurut Peokang, Program Pemerintah Pusat itu akan berlangsung selama Tiga Tahun berturut-turut (2017-2019), setiap tahun MBR di kolaka bakal menerima 3000 sambungan.

“Program Penerima Manfaat Air PAM ini, akan diansur mulai tahun 2017 hingga 2019 nanti, tiap tahunnya kami akan memasang 3000 sambungan,” katanya.

Saat ini, pihak PDAM kolaka mulai melaksanakan pendataan terhadap warga kategori MBR. Guna mendaftarkan diri, sejumlah warga Kolaka pun terlihat ramai membawah KTP mereka ke Kantor PDAM untuk di data.

Kata Peokang, bantuan gratis ini hanya berlaku untuk program pemasangan sambungan jaringan Pipa dan Water metter saja, sedangkan untuk iuran tagihan bulanan tetap akan dikenakan tarip normal setiap bulannya.

“Pasangnya memang gratis, tapi untuk tagihan bulanannya tetap dikenakan tarif normal, seperti pelanggan umum lainnya. Sesuai dengan pemakaian perbulannya,” katanya.

Selain itu kata Peokang, tahun depan PDAM Kolaka juga akan melaksanakan pemindahan sumber Air baku. Lokasi Pemindahan air baku nantinya kata dia, dari Intake PAM sungai sakuli kemudian dipindahkan ke Sungai Ulunggolaka.

“Insya Allah, Tahun depan juga, sumber Air Baku PDAM Kolaka sudah dipindahkan ke sungai Ulunggolaka. dengan begitu sistem pompanisasi juga ikut kita ganti dengan pemanfaatan sistem garavitasi,” ujar peokang.

Diharapkannya, program tersebut dapat terlaksana dengan baik hingga ditahun ke tiga (2019) nanti. ”Dengan begitu, keinginan Pemerintah Daerah untuk peningkatan pelanggan PDAM di Kolaka dapat tercapai dengan baik,” harapnya.

Kontributor : Ant/Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY