Kader PKK Konsel di Latih Melalui Pelatihan Kelompok UP2K Foto: Kasran

ANDOOLO, KORANSULTRA.COM – Kelompok Pelaksana Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di latih melalui kelompok wira usaha baru bagi kader PKK Se-Konsel, yang di selenggarakan oleh TP-PKK Kabupaten yang di buka langsung Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga di dampingi Ketua TP-PKK Konsel Hj. Nurlin Surunuddin, yang berlangsung di D’Blitz Hotel Kendari, Rabu (15/17).

Dalam sambutannya, Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga menyampaikan bahwa pelatihan ini sejalan dengan program yang menjadi tujuan Pemerintah daerah yakni, menciptakan wira usahawan baru pada tatanan kehidupan bermasyarakat Desa dan kelurahan untuk menciptakan masyarakat Konsel yang sejahtera adil dan makmur. Sesuai visi misi kami yakni mewujudkan “Desa Maju Konsel Hebat”.

“Harapanya bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam mengolah administrasi UP2K-PKK serta melihat potensi unggulan apa yang ada di desa masing-masing untuk dikembangkan, dan Pemda siap memfasilitasinya,” ungkap Surunuddin.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan Sekretaris TP-PKK Hj. Asni yang juga Kabid Industri Disperindag konsel mengatakan, bahwa dasar pelaksanaan kegiatan merupakan bagian dari tindak lajut hasil rakernas VIII PKK Tahun 2015 dan surat ketua TP-PKK Konsel No 28/SKR/PKK.KAB/XI/2017 tanggal 13 November 2017 tentang pemanggilan peserta pelatihan peningkatan kapasitas kelompok pelaksana UP2K-PKK bagi Kader Desa dan kelurahan Se-Konsel.

“Tujuanya untuk meningkatkan kinerja, kerjasama dan keterpaduan antar tim pengelola UP2K di setiap kelompok pelaksana,” katanya Asni.

Lanjutnya, dalam menyamakan persepsi dan pemahaman mengenai pengelolaan dan pelaksanaan program UP2K-PKK di Desa serta berbagi pengalaman sesama peserta.

“Untuk jumlah peserta kegiatan pelatihan sebanyak 362 orang dari kader PKK Desa dan Kelurahan, dengan masing-masing satu Ketua dan satu orang Bendahara dari 25 kecamatan Se-Konsel, adapun sumber dana pelatihan UP2K-PKK berasal dari DPA Dinas DPMD Konsel tahun anggaran 2017,” ujarnya.

Perlu diketahui, pemateri pelatihan kali ini diantaranya Kadis DPMD I putu darta yang menyampaikan materi tentang kebijakan pemda dalam meningkatkan pelaksanaan 10 program PKK (UP2K), dan Kepala cabang Bank BRI Mandonga LM Adrian Tahir membawakan materi tentang penumbuhan kelompok wira usaha baru, serta materi usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK dan pemetaan kelompok UP2K oleh sekretaris TP-PKK Hj. Asni.

Kontributor : Kasran

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY