Bupati Koltim saat melantik sejumlah kepala desa terpili di Pilkades serentak foto: Dekri

TIRAWUTA, KORAN SULTRA– Sebanyak 83 Kepala Desa (Kades) terpilih mengikuti pelatihan, di aula Kantor Bupati Kolaka Timur (Koltim), Juamt (12/5/17). Pelatihan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi serta memberikan pembekalan kepada para Kades terpilih untuk menjalankan program yang ada di Desa mereka selama Enam Tahun kedepan.

Kepala bidang pemerintahan Desa (Pemdes), Muh Syarif mengatakan, pelatihan ini selain pembekalan kepada para Kades juga untuk memberikan pemahaman terkait pelaporan serta perencanaan Desa kedepanya. Agar nantinya seluruh aparat Desa bisa berfungsi sesuai dengan tugas dan pungsi masing masing.

“Saya inginkan tidak ada lagi pekerjaan yang hanya di lakukan oleh Satu orang saja. Seperti sebelumnya, laporan di buat oleh Sekdes saja,” jelasnya.

Syarif berharap, agar kedepanya dalam pembuatan laporan pertanggung jawaban Desa (LPJ). Para kades bisa mandiri dan tidak lagi berharap pada orang lain untuk di buatkan laporanya seperti yang selama ini terjadi.

Ketika di tanya terkait lambatnya penyaluran anggaran Dana Desa (ADD), Syarif mengatakan, tidak ada sedikitpun niat kami menghalangi penyaluran ADD, semua dilakukan sesuai mekanisme yang ada dan sesuai prosedur yang telah di atur.

“kalau LPJ mereka sudah lengkap ya silahkan melakukan pencairan di BANK, kami hanya melakukan pengecekan terhadap laporan apa sudah lengkap atau belum, itupun harus ada rekomendasi dari camat yang mengetahui persis kegiatan dan laporan administrasi di wilayah desanya masing masing,” ungkapnya.

Kontributor : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY